Share

5 Penampakan Supermoon Terakhir 2022, Warganet Bagikan Foto di Twitter

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 12 Agustus 2022 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 56 2646787 5-penampakan-supermoon-terakhir-2022-warganet-bagikan-foto-di-twitter-AgONJO8Cly.jpg Penampakan supermoon terakhir 2022, warganet bagikan foto di Twitter (Foto: Twitter/@MelJLeng)

JAKARTA - Puncak fenomena Sturgeon Moon telah berlangsung, di mana sekaligus menjadi supermoon terakhir yang terjadi di tahun 2022.

Pantauan Okezone, banyak warganet menunjukkan foto dari penampakan supermoon kali ini, merka turut mengunggahnya ke media sosial Twitter.

Berikut ini, kumpulan foto penampakan supermoon terakhir di 2022 yang beredar di Twitter.

Supermoon 2022 Sturgeon Moon

"Bunga matahari sedang memandang #supermoon," tweet @MonicaGrady.

Supermoon 2022 Sturgeon Moon

"SturgeonSupermoon muncul di samping @TheShardLondon tadi malam (Foto oleh @JeffOvers)," kicau @StefSimanowitz.

Supermoon 2022 Sturgeon Moon

"Malam terakhir Sturgeon Supermoon yang muncul di langit New Forest," cuit @BeachBramble.

Supermoon 2022 Sturgeon Moon

"Bulan pada titik terdekatnya dengan Bumi #supermoon," tulis @MelJLeng.

Supermoon 2022 Sturgeon Moon

"Langit jadi terang karena Bulan selama #SturgeonMoon atau #supermoon di atas #Boston," kata @ShawnFitzgibbon.

Diolah dari EDUSAINSA BRIN (LAPAN), penamaan Sturgeon Moon sendiri berdasarkan The Farmer’s Almanac yang merupakan jurnal tahunan asal Amerika Serikat.

Pemilihan nama Sturgeon Moon ini, dikarenkan penduduk asli Amerika dapat melihat ikan sturgeon di perairan Great Lakes dan Danau Champlain di Amerika Serikat. Biasanya ini terjadi di bulan Agustus.

Sebagai informasi, supermoon sendiri merupakan istilah astronomi untuk menggambarkan keadaan Bulan penuh ketika posisinya berada di titik terdekatnya dengan Bumi (perigee).

Secara spesifik, supermoon bisa merupakan Bulan purnama atau Bulan baru yang jaraknya dengan Bumi sekitar 1o persen atau kurang dari jarak lintasannya dengan Bumi.

Selama fenomena ini terjadi, Bulan tampak lebih besar dan lebih terang meski perubahan jaraknya cuma beberapa kilometer.

Terkadang, supermoon ini dihubung-hubungkan dengan bencana alam seperti gempa Bumi, gunung meletus, dan sebagainya. Sebab, waktu terjadinya supermoon kerap berdekatran dengan bencana alam tertentu.

Namun, supermoon pada dasarnya tidak cukup kuat untuk memengaruhi permukaan tanah atau gunung berapi di Bumi. Dampak dari fenomena ini hanya naiknya permukaan laut sekitar beberapa inci di sejumlah daerah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini