Share

Berhenti Asal Klik Allow Ketika Baru Akses Aplikasi, Pahami Risikonya

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Jum'at 12 Agustus 2022 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 57 2646702 berhenti-asal-klik-allow-ketika-baru-akses-aplikasi-pahami-risikonya-bN3PwZmIBA.jpg Berhenti asal klik allow ketika baru akses aplikasi, pahami risikonya (Foto: Bruce Sallan)

JAKARTA - Berhentilah asal klik "allow" ketika baru mengakses aplikasi tertentu. Jadi, pahami risikonya setiap klik suatu permintaan akses agar tidak menimbulkan petaka.

Ternyata, tindakan yang dilakukan saat menggunakan gadget atau gawai memiliki risikonya masing-masing. Salah satunya, ketika pengguna asal memberikan akses kepada aplikasi yang mencurigakan.

Dilansir dari Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jumat (12/8/2022), memberikan akses sembarangan kepada aplikasi yang mencurigakan dapat berisiko bikin gadget disadap orang yang tidak bertanggung jawab.

Lantas, tindakan apa yang dapat mencegah dari hal buruk tersebut terjadi? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Pahami Fungsi Website/Aplikasi

Apabila sebuah aplikasi memiliki fitur video call, pengguna gadget bisa memberikan akses kamera dan mikrofon yang diminta. Namun, jika aplikasi tersebut tidak memiliki fitur yang diminta, patut dicurigai.

2. Pakai Penutup Kamera

Menutup kamera apabila sedang tidak digunakan bisa menjadi salah satu tindakan pencegahan dari hal yang membuat kurang nyaman, seperti penyadapan.

Jika tertarik, penutup kamera dapat dibeli di toko online ataupun toko offline terdekat. Bahkan beberapa gadget sudah menyediakannya.

3. Rutin Cek di Pengaturan

Apabila sudah terlanjur sembarangan dalam memeberikan izin, pengguna gadget dapat cek kembali pada pengaturan gawainya masing-masing.

Pilih dan pilah lagi mana yang sekiranya penting untuk mendapatkan akses penting, seperti kontak, galeri, kamera, dan sebagainya.

Demikian informasi mengenai risiko apabila asal klik allow secara sembarangan. Semoga bermanfaat.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini