Share

Peneliti Ungkap Bumi Masuki Masa Kepunahan 100 Kali Lebih Cepat

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Minggu 14 Agustus 2022 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 14 56 2647486 peneliti-ungkap-bumi-masuki-masa-kepunahan-100-kali-lebih-cepat-FCfs1oO345.jpg Peneliti ungkap Bumi masuki masa kepunahan 100 kali lebih cepat (Foto: EcoWatch)

JAKARTA - Peneliti Stanford Woods Institute mengungkapkan, manusia akan memasuki masa kepunahan. Semua makhluk hidup disebut akan hilang 100 kali lebih cepat dari tingkat normal bahkan dari sebelumnya.

โ€œStudi ini akan menunjukkan tanpa keraguan signifikan bahwa kita sekarang memasuki peristiwa besar kepunahan massal keenam,โ€ jelas Paul Ehrlich, Profesor Studi Kependudukan dalam Biologi, dilansir dari Daily Mail, Minggu (14/8/2022).

Paul menjelaskan, semua spesies akan menghilang dengan cepat. Masa habisnya mahkluk hidup dari semua spesies tersebut sekira 100 kali lebih cepat daripada tingkat normal kepunahan massal yang terjadi sebelumnya.

Selaras dengan yang diucapkan Paul, ketua penulis laporan Journal Science Advanced, Gerardo Ceballos, dari universitas Autonoma de Mexico, menerangkan bahwa kejadian pemunahan massal tersebut akan membutuhkan waktu jutaan tahun kembali untuk pulih.

โ€œDan spesies manusia akan menghilang lebih awal,โ€ papar Gerardo.

Penelitian dilakukan melalui sebuah catatan fosil dengan jumlah kepunahan yang terjadi sebelumnya, menggunakan perkiraan kepunahan dua kali perhitungan dari analisa sebelumnya.

Metode tersebut, membuat perkiraan tingkat kepunahan saat ini dan latar belakang rata-rata jumlahnya.

Data modern diambil dan difokuskan untuk kelompok vertebrata, pengukuran kepunahan dilakukan dengan perkiraan perbedaan antara latar belakang dan tingkat kepunahan kontemporer.

"Kami menekankan bahwa perhitungan itu sangat mungkin menekankan tingkat keparahan krisis kepunahan, karena tujuan kami adalah untuk menempatkan realistis batas pada dampak manusia terhadap keanekaragaman hayati," tulis para peneliti.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini