Share

5 Jenis Perangkat Pemrosesan Data pada Komputer

Cita Zenitha, Jurnalis · Minggu 14 Agustus 2022 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 14 57 2647628 5-jenis-perangkat-pemrosesan-data-pada-komputer-rE8Z84aDlN.jpg 5 jenis perangkat pemrosesan data pada komputer (Foto: Flickr/Marcos Torres)

JAKARTA - Ada lima jenis perangkat pemrosesan data pada komputer yang perlu diketahui para penggunanya. Sebab, keberadaannya sangat krusial bagi PC yang dioperasikan.

Di dalam komputer, terdapat terdapat sejumlah komponen penting yang bekerja sebagai sistem operasi dalam memproses data. Komponen penting tersebut, tersusun dari beberapa perangkat hardware yang saling terhubung satu sama lain.

Lantas, apa saja kelima perangkat pemrosesan data pada komputer? Dirangkum dari berbagai sumber, simak penjelasannya di bawah ini:

1. CPU

Jantung utama supaya komputer dapat berjalan dengan baik adalah dengan adanya CPU. Perangkat ini berguna untuk menjalankan perintah dari perangkat lunak di dalamnya seperti menulis, menggambar dan memprogram apapun yang ada didalam komputer.

2. Motherboard

Komponen utama dalam komputer yang bekerja untuk memproses data adalah motherboard. Sebab di dalam motherboard terdapat beberapa komponen penting lainnya seperti harddisk, RAM dan processor.

Motherboard berfungsi untuk menghubungkan berbagai perangkat peralatan dalam komputer sehingga komputer bisa berjalan sebagaimana mestinya.

3. VGA (Video Graphics Array)

Sebagian besar PC menggunakan Video Graphics Array atau yang biasa dikenal VGA adalah standar sebagai standar grafis untuk mengatur tampilan komputer.

VGA juga biasa dikenal dengan kartu grafis akan mengubah sinyal yang dikirim secara digital menjadi visual yang muncul dalam bentuk pixel dan bisa ditampilkan dalam monitor komputer.

4. Prosessor

Prosesor juga biasa disebut dengan CPU (Central Processing Units), yang merupakan chip berupa IC “integrated circuits”. Prosesor juga merupakan otak dari komputer yang mengontrol seluruh sistem yang ada dalam komputer.

5. Memory

Memori berguna untuk menyimpan data yang telah atau belum di proses di dalam prosessor dengan baik. Data yang disimpan ini bisa disimpan sementara ataupun permanen.

Memory terdapat di dalam komputer untuk menyimpan data. Ada dua jenis memory yang harus diketahui yaitu memori internal yang tertanam pada komputer dan memori eksternal yang tidak tertanam pada komputer.

Demikian pembahasan mengenai lima jenis perangkat pemrosesan data pada komputer, semoga bermanfaat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini