Share

11 Karakter Game dari Indonesia, Ada yang Terinspirasi Nyi Roro Kidul

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Senin 15 Agustus 2022 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 326 2648293 11-karakter-game-dari-indonesia-ada-yang-terinspirasi-nyi-roro-kidul-FDwTt4BZtR.jpg 11 karakter game dari Indonesia, ada yang terinspirasi Nyi Roro Kidul (Foto: Mobile Legends)

JAKARTA - Ada 11 karakter game yang terinspirasi dari tokoh-tokoh di Indonesia. Salah satunya, ada yang mengadopsi sosok misterius Nyi Roro Kidul.

Ternyata, bukan hanya atlet asal Indonesia saja yang sudah mendunia, beberapa tokoh-tokoh asal Indonesia pun turut menjadi karakter di beberapa game yang terkenal.

Lantas, apa saja karakter game yang terinspirasi dari tokoh-tokoh terkenal asal Indonesia? Diolah dari Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Senin (15/8/2022), selengkapnya di bawah ini.

1. Citra Talugmai

Citra Talugmai adalah tokoh antagonis utama di Far Cry 3. Tokoh ini dikenal oleh para pemberontak sebagai dewi pejuang mereka.

Karismatik dan cantik, tak heran apabila tokoh ini mendambakan kekuasaan, serta memiliki tujuan untuk mengembalikan sukunya ke masa kejayaannya.

Dari segi penamaan, karakter ini menggunakan Bahasa Indonesia dan memiliki unsur Indonesia.

2. Eddy Raja

Eddy Raja merupakan karakter game Drake’s Fortune pada seri Uncharted. Karakter ini digambarkan sebagai seorang pemburu harta karun asal Indonesia sekaligus pemimpin geng bajak laut.

Selain itu, tokoh ini merupakan antagonis tersier dari Drake’s Fortune dan karakter pendukung di game lain, yaitu Eye of Indra. Menariknya, karakter ini menggunakan bahasa Indonesia pada beberapa adegannya.

3. Suhadi Sadono

Tokoh yang satu ini merupakan tokoh antagonis utama dalam game Tom Clancy’s Splinter Cell: Pandora Tomorrow. Suhadi Sadono merupakan pemimpin gerakan gerilya bernama Darah dan Doa yang awalnya merupakan organisasi “Bayangan” yang dibentuk CIA selama konflik Timor Timur.

Berlatar belakang dendam akibat Amerika mengendurkan dukungannya terhadap Indonesia, Sadono melihat ini sebagai pengkhianatan dan bersumpah akan menghancurkan Amerika dengan senjatanya.

4. Gajah Mada

Nama ini mungkin tidak asing d itelinga masyarakat Indonesia. Terkenal dengan sumpah palapa, maka tidak heran mahapatih sekaligus panglima perang asal kerajaan Majapahit ini menjadi begitu terkenal.

Gajah mada sendiri menjadi salah satu karakter dalam game Civilization V. Permainan ini mengangkat sejarah kerjaan Majapahit dan Gajah Mada sebagai salah satu tokoh di dalamnya.

5. Ratu Gitarja

Sepermainan dengan Gajah mada dalam game Civilization V, tokoh ini dijadikan sebagai ratu pertama majapahit yang memiliki nama Dyah Gitarja dan memiliki gelar Tribhuwana Tunggadewi.

6. Raging Raven

Raging Raven merupakan karakter dalam game Metal Gear Solid 4. Tokoh ini digambarkan ahli serangan dan penghancuran udara dari unit kecantikan dan binatang. Karakter ini unik karena memiliki latar belakang tokoh yang terlahir di Aceh.

7. Gatot Kaca

Gatot Kaca merupakan nama yang sangat tidak asing di telinga orang Indonesia. Selain banyak kehebatan yang bisa dilakukannya, sosok mitologi asli Indonesia ini juga menjadi salah satu karakter dalam game yang sangat terkenal, Mobile Legends.

Salah satu hero tank ini adalah sosok jagoan dari dunia perwayangan Indonesia. Pada acara Grand Final Mobile Legends South East Asia Cup 2017, hero tank ini dipilih sebanyak 24 kali oleh grand finalis, sehingga menjadikannya sebagai hero tank kedua yang paling banyak digunakan setelah Minotaur.

8. Kadita

Berasal dari game yang sama dengan Gatot Kaca, ia merupakan sosok mitologi asal Indonesia yang tidak kalah terkenalnya, yaitu Nyi Roro Kidul.

Ratu pantai selatan ini, merupakan salah satu hero yang paling mematikan di Mobile Legends. Bagaimana tidak, hero ini memiliki dua role sekaligus, yakni Mage dan juga Assassin.

9. Wiro Sableng

Merupakan salah satu karakter dalam Arena of Valor, Wiro Sableng dikenal sebagai pendekar bersenjata Kapak Maut Naga Geni 212. Hero lokal asli Indonesia ini merupakan tokoh fiksi serial novel yang diadaptasi menjadi salah satu hero pada game tersebut.

10. Gundala

Selain filmnya yang menggemparkan masyarakat Indonesia, ternyata Gundala juga terdapat di dalam game. Chess Rush menjadikan superhero asal Indonesia ini sebagai karakter yang berkolaborasi dengan Bumilangit.

11. Reza

Dalam game Vainglory, Reza merupakan karakter yang terinspirasi dari makhluk legenda asal Bali, yaitu leak. Reza berperan berdasarkan latar cerita dari pulau Bali, Indonesia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini