Share

4 Fakta Menarik Baobab, Pohon Purba Ajaib di Afrika

Syifa Fauziah, Jurnalis · Senin 15 Agustus 2022 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 56 2648353 4-fakta-menarik-baobab-pohon-purba-ajaib-di-afrika-E0e1GPqS3S.jpg 4 fakta menarik baobab, pohon purba ajaib di Afrika (Foto: Secret Africa)

JAKARTA - Setiap negara pasti memiliki ciri khas sendiri. Seperti halnya dengan Afrika yang memiliki pohon unik Berukuran besar. Bernama baobab, ia merupakan pohon purbakala.

Pohon tersebut, hidup di negara tropis yang masuk dalam family bombacoideae.

Pohon mirip botol itu tumbuh endemik di daratan Afrika yang memiliki beberapa keunikan yang tidak bisa ditemukan dari tumbuhan lainnya.

Tidak heran, bila baobab tersebut mendapat julukan sebagai pohon ajaib.

Kali ini, Okezone merangkum fakta menarik tentang pohon baobab, seperti dikutip dari YouTube iNews Variety Show, Senin (15/8/2022).

1. Pohon terbesar di dunia

Pohon ini memiliki batang yang besar dibanding pohon lainnya. Batang pohon baobab dapat mencapai diameter 15 meter dengan keliling 47 meter atau ketika digambarkan berukuran 27 rentangan tangan orang dewasa. Pohon baobab dewasa bisa mencapai ketinggian 30 meter dan mulai mekar pada usia 20 tahun.

Pohon unik ini juga menghasilkan buah yang juga berukuran besar setelah tunas bunganya muncul. Buahnya terlihat seperti kelapa hijau besar dan mengandung biji. Pada daun, buah, dan bunganya dipercaya memiliki nutrisi tinggi sehingga kerap dikonsumsi warga sekitar.

2. Hidup hingga ribuan tahun

Baobab ini disebut sebagai monster di semak Afrika. Ketika baobab hidup seribu tahun, batang pohon ini akan membentuk lubang seperti gua.

Baobab semakin populer di dunia saat seseorang memanfaatkan pohon raksasa ini sebagai sebuah bar yang diberi nama tree Bar. Pohon ini diubah menjadi ruangan indoor dengan 13 langit-langit yang dapat menampung hingga 15 orang.

3. Dijuluki sebagai pohon kehidupan

Saat baobab berumur semakin tua, batangnya menjadi semakin luas dan membentuk lubang-lubang. Lubang itulah yang dimanfaatkan makhluk hidup mulai dari manusia hingga hewan yang bermukim di pohon ini.

Sementara buahnya juga menjadi sumber kehidupan untuk dikonsumsi baik manusia maupun hewan primata yang hidup di sekitar pohon ini. Mampu menampung ekosistem kehidupan, untuk itulah pohon itu dijuluki sebagai pohon kehidupan.

4. Bisa menampung 120 ribu liter air

Pohon ini juga bisa menampung air bahkan kemampuan baobab dalam menyimpan cadangan air bisa mencapai 120 ribu liter air.

Air yang terkandung dalam batang ini berfungsi untuk bertahan hidup dengan kondisi alam yang kering. Selain batang, buah baobab juga mengandung banyak air yang suka dikonsumsi sebagai minuman segar layaknya kelapa oleh warga lokal.

Itu dia deretan fakta menarik tentang pohon baobab. Semoga bermanfaat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini