Share

6 Cara Print Excel Agar Tak Terpotong dan Tetap Rapi

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Senin 15 Agustus 2022 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 57 2647948 6-cara-print-excel-agar-tak-terpotong-dan-tetap-rapi-ab7UN5PJF6.jpg 6 cara print Excel agar tak terpotong dan tetap rapi (Foto: Tutsplus)

JAKARTA - Ada enam cara print Excel agar tidak terpotong dan tetap rapi. Diketahui, Excel adalah salah satu aplikasi buatan Microsoft yang digunakan untuk mengolah data secara otomatis dengan rumus yang telah ada.

Umumnya, data yang telah diolah di Excel dapat secara langsung di print. Hanya saja di kebanyakan kasus print Excel yang dihasilkan kurang rapi bahkan beberapa data terpotong.

Sejatinya, sebelum melakukan print data Excel ada cara untuk mengatur data agar hasil print rapi. Namun, tidak semuanya sabar dan mengetahui caranya.

Lantas, bagaimana cara print Excel agar tidak terpotong dan tetap rapi? Dirangkum dari berbagai sumber, untuk mengetahuinya simak penjelasan berikut ini.

1. Sesuaikan Ukuran Kertas

Sebelum mencetak data Excel, terlebih dahulu menentukan ukuran kertas yang akan digunakan. Caranya cukup mudah, sebagai berikut.

- Mula-mula buka file Excel yang akan dicetak

- Pada menu bagian atas, cari dan buka tab 'Page Layout'

- Kemudian temukan 'Page Setup' yang berisi pengaturan tampilan sheet dan ukuran cetak

- Setelah itu, klik 'Size' dengan ikon kertas dan garis ukur di kiri dan atasnya

- Selanjutnya, pilih ukuran sesuai jenis kertas cetak

- Jika tidak ada, bisa atur sendiri dengan klik 'More Paper Sizes' di bagian paling bawah.

2. Sesuaikan Margin Halaman

Setelah memilih ukuran kertas, berikutnya adalah mengatur tata letak data yang ada di kertas. Dengan mengatur tata letak, maka hasil print yang dihasilkan rapi. Caranya sebagai berikut:

- Terlebih dahulu, buka file Excel yang hendak dicetak

- Selanjutnya, pilih dengan mengklik tab 'Page Layout'

- Cari 'Page Setup' yang berisi pengaturan kertas dan halaman

- Selanjutnya, klik opsi 'Margins'. Lalu, di menu dropdown akan tersedia berbagai ukuran tepi, seperti narrow yang berarti mepet halaman

- Untuk menyesuaikan ukuran margin dapat dilakukan dengan klik 'Custom Margin' di bagian paling bawah dropdown. Setelah itu, masukkan ukuran tepi kanan-kiri-atas-bawah sesuai yang kamu inginkan. Perlu diingat, semakin kecil angka maka makin berhimpit dengan tepi kertas.

- Di jendela 'Custom Margin', kamu juga bisa memilih 'Center of Page' yang artinya tabel akan diposisikan di tengah saat dicetak.

3. Atur Orientasi Halaman

Umumnya data terpotong saat dicetak lantaran orientasi halaman cetak yang belum diatur. Secara default, orientasi Excel adalah portrait, sehingga perlu diatur ulang. Caranya, sebagai berikut.

- Terlebih dahulu, buka file Excel yang akan dicetak

- Selanjutnya klik tab 'Page Layout'

- Kemudian cari 'Page Setup' yang berisi pengaturan kertas dan halaman

- Lalu, klik opsi 'Orientation' yang ada di antara margin dan page setup

- Terdapat dua opsi yakni 'Potrait' dan 'Landscape', pilih sesuai bentuk tabel pada sheet yang dimiliki.

4. Atur Print Area

Terkadang saat ingin mencetak Excel, tak semua data dibutuhkan, mungkin beberapa data saja. Namun, secara default, Excel akan mencetak seluruh halaman yang memiliki sel terisi.

Oleh sebab itu, perlu adanya pengaturan area print dengan memanfaatkan fitur print area. Caranya sebagai berikut:

- Buka file Excel berisi data hendak dicetak

- Lalu, blok seluruh sel yang ingin dicetak

- Selanjutnya, di bagian menu atas, klik tab 'Page Layout'

- Setelah itu, cari 'Page Setup' yang berisi pengaturan kertas dan halaman

- Kemudian, pilih opsi 'Print Area', dan muncul dropdown berisi pilihan 'Set Print Area' dan 'Clear Print Area'. Klik 'Set Print Area'.

5. Atur Page Break

Terkadang data Excel terlalu panjang dan melebar. Saat mencetak kerap kali dilakukan pemotongan tabel data yang menggunakan page break. Caranya sebagai berikut:

- Terlebih dahulu buka sheet yang ingin dicetak

- Lalu, pada deret tab, klik 'View'

- Selanjutnya, di bagian 'Workbook Views' klik 'Page Break Preview'.

Maka akan muncul garis-garis yang menunjukkan batas page break. Data yang berada 'di luar' garis akan dicetak di halaman kedua. Untuk mengatur ukuran page break terdapat dua opsi, yakni:

Letakkan kursor pada garis putus-putus dan klik kiri juga tahan sembari di-drag atau tarik kursor hingga akhir data yang ingin dicetak.

Atau dapat juga letakkan kursor pada range atau sel yang ingin ditentukan sebagai akhir halaman dengan buka tab 'Page Layout' > 'Page Setup' > menu 'Page Break' > 'Add Page Break'. Sehingga secara otomatis Excel akan membuat batas akhir data yang masuk pada halaman cetak.

6. Preview Sebelum Cetak

Jika sudah mengatur keseluruhan, hasilnya dapat dilihat dengan cara preview. Caranya sebagai berikut:

- Terlebih dahulu buka tab 'View' pada dokumen yang ingin dicetak

- Kemudian pilih opsi 'Page Layout' yang ada pada 'Workbook Views'.

- Jika dirasa sudah sesuai dapat langsung diprint dengan klik print. Maka data Excel sudah tercetak sesuai aturan yang diinginkan tanpa terpotong dan tetap rapi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini