Share

Adu Canggih Dell XPS 13 Plus vs MacBook Air M2

Syifa Fauziah, Jurnalis · Senin 15 Agustus 2022 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 57 2648204 adu-canggih-dell-xps-13-plus-vs-macbook-air-m2-Co2Gnblnvi.jpg Adu canggih Dell XPS 13 Plus vs MacBook Air M2 (Foto: Future)

JAKARTA - Dell dan Apple belum lama ini meluncurkan koleksi terbarunya. Dell XPS 13 Plus dan M2 MacBook Air sama-sama mendorong batas desain laptop tetapi dengan cara yang berbeda.

Lantas, seperti apa spesifikasi dari kedua perangkat tersebut? Berikut ulasannya, seperti dikutip dari Digital Trends, Senin (15/8/2022).

1. Desain

Dari segi tampilan, kedua laptop ini memiliki desain yang elegan dan estetik. Pada MacBook Air M2 terlihat lebih konvensional karena mengambil banyak elemen desain dari MacBook Pro 14 dan 16 inci dan memiliki ukuran yang lebih kecil. Bezel pada laptop ini lebih tipis dan memiliki sudut yang lebih bulat dan tutup yang datar.

Perangkat MacBook Air M2 masih mengunggulkan desain yang tipis. Dengan ketebalan hanya 0,44 inci, ini adalah laptop tertipis dari jenis ini. Satu-satunya laptop lain yang sedekat ini adalah beberapa Chromebook premium dan beberapa laptop Windows nerf. Dibangun di sekitar efisiensi chip M2, MacBook Air mampu menjadi sangat tipis tanpa mengorbankan kinerja.

Sementara pada produk Dell XPS 13 Plus memiliki desain yang sangat baru. Pada bagian keyboardnya sangat luas dan memiliki tampilan yang mbejh modern, dan bagian trackpad, sementara itu, sama sekali tidak terlihat. Seperti MacBook Air, perangkat Dell ini menggunakan trackpad umpan balik haptic, yang berarti tidak ada mekanisme klik fisik.

Meskipun XPS 13 Plus cukup ringkas, desain laptop ini lebih mirip dengan MacBook seri M1 MacBook Air.

2. Keyboard dan trackpad

Kedua perangkat ini menampilkan beberapa keyboard dan trackpad terbaik dari seri sebelumnya. Ada banyak kesamaan tentang pasangan input ini juga. Keduanya memiliki fitur key travel 1mm di keyboard dan trackpad umpan balik haptic.

Namun, ada dua hal yang perlu dipertimbangkan tentang tata letak keyboard ini. Pertama, MacBook Air menyertakan deretan tombol fungsi ukuran penuh, berbeda dengan tombol setengah ukuran pada M1 MacBook Air. Mereka membuat akses cepat ke kecerahan atau kontrol volume lebih mudah dari sebelumnya.

Sementara Dell XPS 13 Plus mengambil pendekatan sebaliknya, dengan mengganti tombol fungsi dengan tombol sentuh kapasitif. Pada tombol di perangkat ini juga memberi kesan futuristik pada tampilannya. Pada perangkat ini juga memiliki Shift dan Ctrl ekstra lebar.

3. Port

Kedua laptop ini cukup minimalis dalam hal port. Keduanya terutama mengandalkan USB-C, meskipun ada beberapa perbedaan penting. Pertama, MacBook Air M2 dan Dell XPS 13 Plus memiliki dua port USB-C. MacBook Air menyimpan keduanya di sisi kiri, sedangkan XPS 13 Plus memiliki satu di kiri dan satu di kanan.

XPS 13 Plus memiliki keunggulan lain dibandingkan MacBook Air meskipun dengan kemampuan port ini. MacBook Air masih hanya dapat mendukung satu monitor eksternal hingga 4K, sedangkan XPS 13 Plus dapat menangani dua. Itu cukup penting bagi orang yang ingin memasang laptop mereka dan menggunakannya sebagai workstation di rumah.

Tentu saja, MacBook Air M2 juga dilengkapi dengan konektor daya MagSafe 3, yang dapat mengosongkan salah satu port USB-C Anda untuk koneksi lain. Itu juga dilengkapi dengan jack headphone, yang ditinggalkan sepenuhnya oleh XPS 13 Plus. Sementara Dell memasukkan adaptor USB-C gratis ke dalam kotak, Anda dapat menemukan diri Anda dengan port yang sangat terbatas jika Anda menggunakan satu untuk audio dan satu untuk daya.

4. Tampilan dan kamera web

MacBook Air hanya memiliki satu layar yang ditawarkan, yaitu panel “Liquid Retina” berukuran 2560 x 1664, 13,6 inci. Ini adalah layar cantik yang memiliki kecerahan hingga 486 nits. Itu tidak memiliki kinerja HDR yang luar biasa dari MacBook Pro 14-inci, begitu juga dengan XPS 13 Plus.

Ada banyak pilihan layar yang berbeda dengan XPS 13 Plus. Perangkat ini memiliki opsi layar OLED 3,5K, yang merupakan opsi terbaik dalam hal kualitas gambar. Selain itu juga ada panel LED dengan resolusi lebih rendah atau konfigurasi LED 4K resolusi lebih tinggi. Namun layar OLED 3,5K tidak seterang MacBook Air, tetapi memiliki saturasi dan akurasi warna yang lebih baik daripada MacBook Air. Tentu saja, karena OLED, memiliki tingkat hitam yang lebih dalam dan kontras yang lebih baik. Ini juga merupakan panel sentuh, yang masih belum ditawarkan MacBook Air.

Sedangkan untuk webcam, MacBook Air adalah pilihan yang jauh lebih unggul. Perangkat ini dilengkapi dengan 1080p dibandingkan 720p, dan menawarkan kinerja cahaya rendah yang jauh lebih baik untuk panggilan video.

5. Performa dan masa pakai baterai

Dalam hampir semua kasus, MacBook Air M2 adalah laptop yang lebih kuat. Itu mungkin mengejutkan, mengingat betapa tipisnya sasis dan berapa lama masa pakai baterai. Keunggulan perangkat ini kuga pada kinerja GPU, atau pengeditan video di Premiere Pro, MacBook Air M2 adalah laptop yang lebih kuat. MacBook Air M2 54% lebih cepat dalam mengekspor jadwal di Premiere Pro. Bahkan dalam mode kinerja XPS 13 Plus, M2 masih 36% lebih cepat dengan ekspor.

MacBook Air masih tidak memiliki kipas di dalam mesinnya, kendati demikian tidak mudah panas di bagian sandaran tangan. Berbeda dengan XPS 13 Plus yang bisa panas dalam pemakaian yang lama.

MacBook Air M2 menghadirkan daya tahan baterai yang lebih unggul dibandingkan dengan Dell XPS 13 Plus. Ini akan bertahan 18 jam dibandingkan dengan delapan jam Dell XPS 13 Plus.

Itu dia spesifikasi lengkap dari perangkat laptop Dell XPS 13 Plus dan M2 MacBook Air. Semoga bermanfaat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini