Share

Main Game Sebelum Tidur Bikin Cepat Ngantuk, Mitos atau Fakta?

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Selasa 16 Agustus 2022 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 326 2648968 main-game-sebelum-tidur-bikin-cepat-ngantuk-mitos-atau-fakta-6kq8AHKYhs.jpg Main game sebelum tidur bikin cepat ngantuk, mitos atau fakta? (Foto: Understood)

JAKARTA - Bermain game sebelum tidur mungkin dilakukan oleh banyak orang. Namun, ada yang beranggapan bahwa aktivitas ini dapat membuat pemain cepat mengantuk, benarkah begitu?

Faktanya, kebiasaan bermain game menjelang waktu tidur pada malam hari dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur, yaitu insomnia.

Sebab, pancaran blue light yang terpapar ke pengguna gadget dapat menurunkan produksi hormon melatonin alami di malam hari sehingga bikin susah mengantuk.

Hal ini, bukan hanya dialami oleh orang dewasa dan remaja, tetapi, anak-anak juga dapat mengalami gangguan tidur yang diakibatkan oleh penggunaan gadget sebelum tidur.

Lantas, apa saja dampak bermain game sebelum tidur? Diolah dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Selasa (16/8/2022), berikut selengkapnya.

1. Menurunnya produktivitas

Dengan keadaan kurang tidur, otomatis dapat menurunkan produktivitas seseorang di pagi hari.

2. Gangguan kesehatan mental

Ketika merasa pusing ataupun tidak bersemangat akibat mengantuk, hal ini bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesehatan mental seperti depresi hingga kecemasan.

3. Gangguan kesehatan fisik

Selain kesehatan mental, kesehatan fisikpun dapat menurun seiring berjalannya waktu apabila perilaku ini tidak diubah.

Hidarilah menghabiskan waktu di depan layar saat ingin beristirahat. Aturlah juga screen time agar lebih bijak dalam mengatur waktu.

Ingatlah, tidur yang berkualitas akan membantu agar lebih produktif esok harinya.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini