Share

Rusia Perkenalkan Model Baru Stasiun Luar Angkasa untuk Saingi ISS

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 16 Agustus 2022 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 56 2648765 rusia-perkenalkan-model-baru-stasiun-luar-angkasa-untuk-saingi-iss-zJiR0JM1W4.JPG Rusia perkenalkan model baru Stasiun Luar Angkasa untuk saingi ISS (Foto: EPA)

JAKARTA - Rusia memperkenalkan model baru stasiun Luar angkasa rancangannya sendiri dan telah dipamerkan oleh seorang pejabat bidang antariksa. Nantinya, ia akan memiliki bobot 400 ton.

Hadirnya stasiun luar angkasa ini, tidak lepas dari konflik Rusia - Ukraina yang telah memantik banyak reaksi dari negara Eropa. Pada akhirnya, Rusia memutuskan menarik diri dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Rusia akan hengkang dari ISS pada 2024 mendatang dan akan mulai meluncurkan stasiun luar angkasanya sendiri yang bakal diberi nama Stasiun Luar Angkasa Orbital Rusia (ROSS).

Seperti dilansir dari Metro, Selasa (16/8/2022), stasiun luar angkasa Rusia ini telah diresmikan dalam sebuah forum militer dan kemungkinan akan dibangun paling cepat pada tahun 2028.

Modul buatan Rusia merupakan bagian penting dari stasiun luar angkasa, karena Roscosmos mengoperasikan enam dari 17 modul lab orbital – termasuk Zvezda, yang menampung sistem mesin utama.

Jika Rusia telah resmi mengoperasikan stasiun luar angkasanya sendiri, tentu ini bukanlah hal mudah bagi Amerika Serikat meskipun memiliki sumber daya yang besar.

Namun, Joanne Gabrynowicz, seorang profesor yang berspesialisasi dalam hukum ruang angkasa, mengatakan kepada situs berita Quartz bahwa perjanjian yang mengatur ISS tidak akan bisa dilepas begitu saja.

Dalam perjanjian antara Rusia dan Amerika Serikat mengharuskan mitra yang ingin pergi untuk mendapatkan persetujuan dari mitra lainnya.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini