Share

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Beli TV OLED

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 16 Agustus 2022 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 57 2648876 5-hal-yang-perlu-diketahui-sebelum-beli-tv-oled-DIdY477l5K.jpg 5 hal yang perlu diketahui sebelum beli TV OLED (Foto: Allconnect)

JAKARTA - TV OLED merupakan salah satu jenis TV terbaik yang ada saat ini. Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memutuskan membelinya.

Tidak semua TV OLED dibuat sama. Kadang-kadang bahkan ada perbedaan penting antar model, ukurannya berbeda, tetapi dalam kisaran harga yang sama. Dan, inilah yang perlu diketahui.

Berikut adalah 5 hal yang perlu diketahui sebelum beli TV OLED, seperti dilansir dari T3, Selasa (16/8/2022).

1. Kecerahan

Kecerahan, diukur dalam nit, sangat penting dalam hal HDR. OLED tidak seterang beberapa teknologi tampilan saingan dan itu berarti sangat penting untuk melihat spesifikasinya dengan cermat.

Semakin terang ruangan tempat Anda menonton TV, semakin penting kecerahannya. TV OLED model apa pun akan baik-baik saja di ruangan gelap, namun sebaliknya jika ditaruh di ruangan yang terang.

Pastikan Anda melihat ukuran spesifik yang Anda pertimbangkan. Jadi apabila berencana menaruh TV OLED di ruangan yang punya pencahayaan terang, maka pastikan kecerahan TV juga tinggi.

2. Suara

Jangan pernah mengabaikan kualitas suara TV OLED dan terpaku hanga pada spesifikasi tampilannya saja. Tapi pastikan suaranya juga memiliki kualitas yang baik untuk memaksimalkan pengalaman menonton.

Googling dulu tentang TV OLED yang memiliki kualitas suara baik. Ini akan membantu Anda dalam mengambil keputusan. Disarankan memilih TV OLED yang memiliki sistem Dolby Atmos yang terkenal bagus.

3. Port-port

Banyak yang tidak senang dengan penempatan port di TV OLED, yang menghadap ke belakang. Mereka menyebut port yang menghadap ke belakang akan menimbulkan masalah ketika ingin menempel TV di dinding.

Untuk itu sebelum membeli TV OLED pastikan port menghadap kesamping jika tidak ingin bermasalah. Beberapa merek tidak memikirkan hal ini dan jelas sangat merugikan konsumen.

4. Fitur

Banyak TV OLED yang diluncurkan diklaim mampu mendukung banyak fitur bahkan VRR (Variable Refresh Rate) untuk bermain game di PS5. Padahal kenyataannya tidak demikian.

Maka dari itu selalu periksa kembali fitur-fitur yang ditawarkan memang ada. Untuk mengrceknya bisa dengan menonton review YouTube atau membaca review di internet.

5. Jangan mudah tergiur TV Mini-LED

TV Mini-LED memang dikemas jauh lebih rapat dan dapat dikontrol dengan lebih presisi daripada LED standar. Selain itu juga TV Mini-LED juga memiliki pencahayaan yang lebih terang.

Ada banyak sekali TV Mini-LED yang tersedia di pasaran. Jika memang niat awal ingin membeli TV OLED, maka jangan sampai tergiur, karena TV OLED sudah terjamin kinerja HDR-nya sangatlah baik.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini