Share

Anda Lupa Judul Lagu Tapi Masih Ingat Nadanya? Google Hum Bisa Membantu

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 16 Agustus 2022 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 57 2649048 anda-lupa-judul-lagu-tapi-masih-ingat-nadanya-google-hum-bisa-membantu-cVyu7QMbUV.jpg Anda lupa judul lagu tapi masih ingat nadanya? Google Hum bisa membantu (Foto: Google)

JAKARTA - Anda lupa judul lagu tetapi masih ingat nadanya? Google Hum bisa membantu. Anda pasti sudah tidak asing dengan mesin pencarian Google.

Kini Google telah berkembang pesat dan menghadirkan banyak fitur. Fitur-fitur tersebut dapat digunakan untuk mempermudah anda dalam berselancar di internet.

Salah satu fitur yang sangat membantu adalah Google Hum. Apa itu? Simak dalam pembahasan Anda Lupa Judul Lagu tetapi Masih Ingat Nadanya? Google Hum Bisa Membantu.

Fitur Google Hum atau Hum to Search ini memungkinkan anda untuk mencari sebuah lagu hanya dengan bersenandung, bersiul, atau menyanyikan melodinya. Hal ini tentu mempermudah banyak orang yang kerap lupa lirik lagu namun masih ingat dengan nadanya.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Fitur ini bisa digunakan melalui perangkat selular dengan sistem operasi Android maupun iOS. Anda bisa menggunakan widget Google pada smartphone anda, lalu tekan ikon mikrofon dan ucapkan: “lagu apa ini” atau “what’s this song?” . Atau anda bisa mengetuk tombol “cari lagu”.

Senandungkan lagu yang ingin anda cari selama kurang lebih 10-15 detik. Setelah itu Google akan memberikan hasil pencarian berupa judul lagu, cover album, penyanyi, lirik, dan rincian lainnya.

Selain menggunakan cara di atas, anda juga bisa memanfaatkan adanya Google Assistant. Caranya cukup mudah, anda hanya harus mengatakan: “Hi Google, lagu apa ini? atau “Hi Google, what’s this song?” kemudian lanjutkan dengan senandung lagu yang anda ingat.

Melansir dari blog Google, algoritma dari Machine Leaning di Google akan memindai lagu-lagu untuk dicocokan dengan potensi lagu yang ada.

“Saat Anda menyenandungkan melodi ke Penelusuran, model machine learning kami mengubah audio menjadi urutan berbasis angka yang mewakili melodi lagu,” kata Google.

“Model kami dilatih untuk mengidentifikasi lagu berdasarkan berbagai sumber, termasuk nyanyian manusia, siulan atau senandung, serta rekaman studio. Algoritme juga menghilangkan semua detail lainnya, seperti instrumen pengiring serta timbre dan nada suara.”

“Kami membandingkan urutan ini dengan ribuan lagu dari seluruh dunia dan mengidentifikasi kecocokan potensial secara real time” tulis Google.

Fitur ini juga sudah tersedia dalam bahasa Inggris di iOS dan lebih dari 20 bahasa di Android.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini