Share

Google Doodle Rayakan HUT ke-77 RI, Ilustrasinya Dibuat Seniman Bandung

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Rabu 17 Agustus 2022 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 54 2649379 google-doodle-rayakan-hut-ke-77-ri-ilustrasinya-dibuat-seniman-bandung-FZNb68cDKB.jpg Google Doodle rayakan HUT ke-77 RI, ilustrasinya dibuat seniman Bandung (Foto: Google)

JAKARTA - Google turut merayakan HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) lewat Doodle hari ini. Ilustrasinya sendiri dibuat oleh seniman asal Bandung, yakni Wastana Haikal.

Diketahui, Indonesia secara resmi mendeklarasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, menandakan Tanah Air yang terbebas dari penjajahan bangsa lain.

Orang Indonesia memperingati HUT ke-77 RI biasanya dengan parade, karnaval, dan perlombaan. Menariknya, ini berlangsung di seluruh penjuru negeri.

Warna merah putih kerap menghiasai rumah penduduk dan jalan dan berbagai bentuk, mulai dari bendera hingga umbul-umbul.

Upacara pengibaran bendera nasional, yang dihadiri oleh presiden Indonesia, diadakan di Istana Negara dan memulai perayaan HUT ke-77 RI.

Setelah acara yang disiarkan, upacara Hari Kemerdekaan di Istana Merdeka menampilkan tokoh masyarakat, pahlawan nasional, dan veteran yang hadir.

Balap perahu (Pacu perahus), seperti yang ditampilkan dalam karya seni hari ini, adalah salah satu tradisi paling populer di Hari Kemerdekaan.

Festival Pacu Jalur menjadi tuan rumah balapan terbesar di negara ini. Setelah pertunjukan lagu dan tarian, lebih dari seratus perahu berdekorasi semarak mendayung menyusuri Sungai Batang Kuantan.

Tim hingga enam puluh orang mengenakan kostum tari tradisional saat penonton berkumpul di tepi sungai.

Sebagai negara bahari, festival pacu jalur merupakan salah satu dari sekian banyak tradisi yang mengajarkan pentingnya kerja sama tim.

Sebuah pesan yang selaras dengan semboyan nasional Indonesia, Bhinekka Tunggal Ika (Bhinneka Tunggal Ika).

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini