Share

Tahukah Anda, Kelelawar Tak Pernah Sakit dan Apa Penyebabnya?

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Kamis 18 Agustus 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 56 2649630 tahukah-anda-kelelawar-tak-pernah-sakit-dan-apa-penyebabnya-Oml5fc0BX5.jpg Tahukah Anda, kelelawar tak pernah sakit dan apa penyebabnya? (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Tahukah Anda bahwa kelelawar kebal terhadap virus. Diketahui, wabah besar penyakit dari virus yang muncul ditularkan oleh hewan satu ini.

Contohnya Hendra, Nipah, Marburg dan Ebola, sindrom pernafasan akut yang parah (SARS) dan sindrom pernafasan Timur Tengah (MERS), serta Covid-19 ditularkan oleh kelelawar.

Dirangkum dari berbagai sumber, semua wabah itu telah dikaitkan dengan dugaan penularan zoonosis dari virus yang ditularkan oleh kelelawar.

Kendati demikian, anehnya kelelawar bisa kebal dari virus-virus mematikan itu.

Menurut Profesor Linfa Wang, seorang Ahli Penyakit Menular dari Duke University, sistem kekebalan kelelawar yang membuat mereka tidak pernah sakit.

Kelelawar termasuk mamalia yang memiliki kekebalan ekstrem. Kekebalan ini dihasilkan oleh gen cytokine storm.

Gen inilah yang bisa bereaksi cepat terhadap infeksi yang berpotensi fatal bagi mereka dengan cara membunuh virus yang menyerang.

Selain itu, gen cytokine storm juga yang bisa membuat mereka mempunyai kemampuan terbang karena ketika terbang metabolisme kelelawar akan naik dan menghasilkan radikal bebas untuk menghadang virus-virus.

Meski reservoir virus, keberadaan kelelawar berperan besar dalam dunia medis.

Prof Linfa mengatakan, dengan menggunakan teknik modern, ilmuwan dapat merancang obat baru untuk memperlambat proses penuaan, mengobati kanker, dan melawan infeksi.

Berkat kelelawar, saat ini peneliti dunia sedang berlomba untuk membuat obat yang memperlambat proses penuaan dengan mengobati kerusakan DNA dari gen kelelawar.

Hal ini, juga yang membuat tokoh fiksi seperti vampir menjadi identik dengan kelelawar.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini