Share

Hoaks Baterai Awet Pasca Dipanaskan di Magic Com, Ketahui Bahayanya

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Kamis 18 Agustus 2022 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 54 2649891 hoaks-baterai-awet-pasca-dipanaskan-di-magic-com-ketahui-bahayanya-JiYedkLwTc.jpg Hoaks baterai pasca dipanaskan di magic com, ketahui bahayanya (Foto: TikTok)

JAKARTA - Seorang pengguna TikTok dilaporkan telah membagikan video klaim cara membuat baterai menjadi tidak mudah rusak atau awet. Namun, itu ternyata cuma hoaks belaka dan berbahaya.

Dilansir dari Antara, Kamis (18/8/2022), Konten berdurasi dua menit itu menyarankan penontonnya untuk memasukkan baterai ke dalam penanak nasi (magic com).

Kemudian, baterai dihangatkan selama sekira 20-30 menit. Baterai bahkan juga boleh dipanaskan saat magic com itu sedang dipakai untuk memasak nasi.

Berikut isi narasinya: "trik biar batu battrey awet selamanya #edukasitiktok #creatip #fyp,". Namun, benarkah baterai lebih awet setelah dipanaskan di penanak nasi?

Dosen Teknik Elektro Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Profesor Muhammad Nizam menjelaskan, upaya memanaskan baterai akan membuat elektron terstimulasi karena ada peningkatan suhu.

Baterai seolah-olah akan terisi ulang dan berfungsi kembali. Padahal, baterai hanya akan bekerja dalam waktu yang tidak lama, demikian dikutip dari CekFakta.

Terkait proses pengisian baterai dengan magic com, menurut Nizam, masyarakat sebaiknya tidak mengikuti informasi di video TikTok itu karena termasuk metode berbahaya.

Nizam menegaskan, potensi kebocoran zat kimia di dalam isi baterai hingga ledakan ketika baterai dipanaskan di penanak nasi.

Adapula risiko, seperti baterai justru mati, hingga muncul kontaminasi di penenak nasi jika ternyata dalam baterai tersebut mengandung zat yang mudah menjadi uap.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini