Share

Daftar 4 Hewan Asing dan Jarang Ditemui oleh Manusia

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Kamis 18 Agustus 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 56 2649929 daftar-4-hewan-asing-dan-jarang-ditemui-oleh-manusia-7fcCQhOKbZ.JPG Daftar 4 hewan asing dan jarang ditemui oleh manusia (Foto: Macaulay Library/Andres Vasquez Noboa)

JAKARTA - Terdapat empat hewan yang mungkin asing atau jarang dijumpai oleh manusia. Hal tersebut, bisa disebabkan banyak faktor, mulai dari kelangkaan hingga habitatnya yang sulit dijangkau.

Biasanya, manusia mengetahui hewan dari sekolah, kebun binatang ataupun tayangan televisi yang memberikan pengetahuan mengenai hewan-hewan.

Namun, masih banyak hewan-hewan yang mungkin belum pernah dijumpai manusia dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah kepunahan.

Menurut data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah satwa yang terancam punah pada tahun 2015 sampai dengan tahun 2017 sebanyak 13 hewan.

Lantas, apa saja keempat hewan asing dan mungkin jarang ditemui oleh manusia? Diolah dari YouTube iNews Variety Show, Kamis (18/8/2022), selengkapnya di bawah ini.

1. Sinob Nosed Monkey

Monyet yang memiliki hidung pesek dari Himalaya ini menjadi salah satu spesies langka. Spesies ini biasanya ditemukan saat musim dingin.

Monyet jenis ini dapat menahan suhu yang dingin dibandingkan hewan lainnya. Biasanya mereka mendiami hutan-hutan di Himalaya pada ketinggian 1.500 sampai dengan 3.400 meter dari permukaan laut. Sinob Nosed Monkey merupakan hewan herbivora.

2. Indri

Indri merupakan lemur terbesar yang masih hidup sampai saat ini. Spesies yang satu ini pertama kali ditemukan di Madagaskar. Habitatnya berada di hutan hujan dan pegunungan di timur laut Madagaskar dengan ketinggian 1.800 meter dari permukaan laut

Panjang tubuh Indri mencapai 64 sampai dengan 72 sentimeter dan berat mencapai enam sampai dengan Sembilan koma dua kilogram. Primata ini hidup dengan memiliki kelompok kecil.

3. Kelelawar Putih Honduras

Hewan yang satu ini memiliki panjang tubuh tiga koma tujuh hingga empat koma tujuh sentimeter. Hewan ini hanya dapat ditemukan di hutan hujan Honduras timur.

Hewan ini menyukai tinggal di balik daun pohon pisang. Sesuai dengan namanya, keleawar yang satu ini biasanya berwarna putih dan kuning pada bagian telinga, hidung, bagian kaki dan sayap.

4. Long Wattled Umbrella Bird

Memiliki nama ilmiah Cephalopterus pendulige, merupakan burung hitam besar yang memiliki selaput kulit memanjang kebawah layaknya jenggot. Panjangnya bisa mencapai 35 sentimeter ditutupi bulu pendek yang bersisik.

Panjang tubuh hewan ini bisa mencapai 51 sentimeter pada jantan dan memiliki kepala dengan jambul yang mengesankan, sedangkan betinanya bisa mencapai sekitar setengah ukurannya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini