Share

Bagaimana Kondisi Bumi Jika Manusia Punah? Simak Penjelasannya

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 19 Agustus 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 56 2650195 bagaimana-kondisi-bumi-jika-manusia-punah-simak-penjelasannya-Lrm222n0el.jpg Bagaimana kondisi Bumi jika manusia punah? Simak penjelasannya (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Manusia di Bumi tidak menutup kemungkinan bisa mengalami kepunahan. Lalu, bagaimana kondisi planet ini juga hal tersebut terjadi?

Diolah dari BBC, Jumat (19/8/2022), ketika manusia sudah mengalami kepunahan, dalam beberapa hari jaringan listrik akan mati karena pasokan bahan bakarnya habis.

Dalam seminggu kereta bawah tanah yang menghabiskan dana tidak sedikit dalam pembangunannya akan terendam oleh banjir karena tidak ada yang mengoperasikan pompa air.

Untuk diketahui, pompa air sendiri merupakan barang krusial yang wajib ada di jalur kereta bawah tanah atau terowongan lainnya. Tanpa adanya lompa, sudah tentu terowongan akan mengalami banjir.

Kemudian, jamur akan tumbuh subur di dalam rumah dan pipa air akan menjadi es karena tidak ada AC atau penghangat ruangan untuk menangkal cuaca ekstrem.

Selanjutnya, tanaman akan mengambil alih bangunan. Tanaman akan tumbuh sangat subur tanpa adanya gangguan dari manusia. Tidak ada sekat antara perkotaan dan pedesaan, semuanya hijau seiring berjalannya waktu.

Satwa liar akan menjajah kota. Bersamaan dengan itu, lahan pertanian mulai diselimuti semak belukar, logam akan korosi, plastik mulai terurai, dan miliaran ban mobil berserakan tidak termakan zaman.

Lalu, fasilitas nuklir akan terganggu, beberapa meledak, mengkontaminasi ekosistem dan menyebabkan banyak hewan mati. Radiasi menyebabkan mutasi, menciptakan evolusi baru.

Sementara itu, tanaman terkecil dengan perlahan memecah aspal jalan. Nyamuk mulai menjadi musuh utama hewan sekaligus sahabat tanaman karena meembantu penyerbukan.

Hewan yang semula terancam punah punya kesempatan untuk berkembang biak. Singa dan gajah bahkan bisa mencapai Eropa, dengan berenang melintasi Kanal Suez.

Plastik akan terus menghuni lautan hingga akhirnya hilang dilebur oleh bakteri mikroskopis dalam kurun waktu jutaan tahun. Dan pada akhirnya Bumi mungkin akan menjadi layaknya surga kembali.

Bumi sendiri merupakan organisme bernapas. Kecerdasan manusialah yang membuat Bumi mengalami perubahan luar biasa.

Dengan tidak adanya manusia, Bumi akan bertahan, bahkan akan terus tumbuh subur. Tetapi bagaimana pun manusia akan tetap meninggalkan jejaknya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini