Share

Tahukah Anda, Biji Buah Bisa Berbahaya Jika Tertelan, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 19 Agustus 2022 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 56 2650457 tahukah-anda-biji-buah-bisa-berbahaya-jika-tertelan-ini-penjelasan-ilmiahnya-LrNuX6Xc9s.jpg Tahukah Anda, biji buah bisa berbahaya jika tertelan, ini penjelasan ilmiahnya (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Apakah Anda pernah berpikir tentang seberapa berbahayanya menelan biji buah? Apa yang akan terjadi jika Anda menelan biji? Apakah biji buah tersebut akan tumbuh diperut?

Tanpa Anda sadari, menelan sejumlah biji dapat membahayakan. Beberapa biji buah bisa beracun dan menyebabkan penyumbatan atau obstruksi usus.

Akibatnya, Anda bisa mengalami demam, mual, muntah, atau sakit perut parah setelah menelan biji.

Kasus medis tentang bahaya biji memang jarang terjadi. Namun, kasus menelan biji pernah terjadi di Rusia, seorang pria (28) yang dibawa kerumah sakit karena dadanya sakit.

Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata ada tanaman seukuran 5cm yang tumbuh di paru-parunya. Seorang pria (75) juga mengalami hal yang sama, ada benih kacang yang tumbuh di paru-parunya.

Menurut Dr. Gordon Rogers, lingkungan di perut tidak mendukung perkecambahan biji. Benih membutuhkan oksigen untuk bertunas, dan tidak ada yang bisa didapat di perut.

Lalu, perkecambahan membutuhkan waktu tiga sampai lima hari, sedangkan pada saat itu Anda telah mengeluarkan benih dari tubuh. Yakinlah, menelan biji tidak akan mengubah Anda menjadi rumah kaca berjalan.

"Kenyataannya adalah, keracunan dari konsumsi yang tidak disengaja dari beberapa lubang atau biji tidak mungkin terjadi," kata Poison Control.

"Tetap saja, konsumsi harus dihindari. Biji dan bijinya tidak boleh dihancurkan atau dimasukkan ke dalam blender untuk dikonsumsi."

Basis data National Institute of Health tentang zat beracun mengatakan manusia seberat 150 pon dapat dengan aman mengonsumsi 703 miligram hidrogen sianida per hari sebelum mulai menderita efek buruk apa pun.

Follow Berita Okezone di Google News

Menurut analisis ilmiah, biji aprikot mentah mengandung rata-rata sekitar 432 miligram hidrogen sianida per ons (sekitar 48 biji). Tiga puluh biji persik mentah juga mencapai satu ons dan mengandung sekitar 204 miligram hidrogen sianida. Dan 200 biji ceri mentah, juga satu ons, mengandung 117 miligram zat yang relatif rendah.

Sebenarnya hampir tidak mungkin apabila biji bisa tumbuh di dalam perut karena semua makanan yang masuk ke perut termasuk biji akan hancur oleh asam lambung dan enzim, itu hanya terjadi dalam beberapa jam saja.

Sementara tanaman membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh. Meskipun tidak tumbuh, kalian harus tetap berhati-hati dengan biji, karena beberapa biji buah dapat beracun. Berikut ini adalah beberapa buah yang bijinya beracun.

Apel

Biji apel (Malus sylvestris) mengandung sianida. Makan biji satu apel tidak berbahaya, tetapi menelan biji dari beberapa buah apel bisa berakibat fatal. Mengkonsumsi sianida dalam jumlah yang cukup banyak menyebabkan mual, kram perut, diare dan kematian.

Ceri

Baik biji ceri liar dan jinak (Prunus spp) mengandung senyawa sianida, menurut Michigan State University Extension. Menelan sejumlah besar dari mereka menghasilkan gejala yang sama seperti makan terlalu banyak biji apel.

Aprikot

Aprikot (Prunus armeniaca) pit mengandung racun glikosida sianogenik dan amygdalan. Gejala keracunan biji aprikot termasuk gugup, lemah, pupil melebar, kejang dan koma. Makan biji dalam jumlah besar bisa berakibat fatal.

Pir

Biji buah pir (Pyrus spp) memiliki senyawa sianida yang berpotensi mematikan. Dapat menyebabkan mual, diare dan sakit perut. Gejala lain termasuk berkeringat, kelelahan, kejang, berkedut dan koma.

Plum

Seperti buah-buahan yang disebutkan di atas, plum liar dan domestik (Prunus Americana dan Prunus domestica) termasuk dalam keluarga mawar. Mereka juga memiliki lubang yang mengandung senyawa sianida, menyebabkan gejala yang sama seperti biji pir.

Alpukat

Alpukat (Persea Americana), asli Amerika Tengah, adalah salad berbentuk buah pir dan buah masakan Meksiko. Bijinya dapat meracuni ternak dan hewan lainnya. Racun tak dikenal mereka menyerang miokardium (kantung pelindung di sekitar jantung) dan - pada hewan menyusui - jaringan susu, menurut University of Pennsylvania School of Veterinary Medicine.

Jadi, meskipun jarang terjadi keluhan tentang menelan biji, Anda harus tetap berhati-hati, sebaiknya biji buah jangan ditelan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini