Share

Daftar 3 Ras Anjing dengan Ukuran Badan Terbesar di Dunia

Syifa Fauziah, Jurnalis · Senin 22 Agustus 2022 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 22 56 2652012 daftar-3-ras-anjing-dengan-ukuran-badan-terbesar-di-dunia-3IbXTxtv1y.jpg Daftar 3 ras anjing dengan ukuran badan terbesar di dunia (Foto: iStock)

JAKARTA - Anjing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara. Memiliki sifat yang setia dan menggemaskan, anjing kerap dianggap sebagai teman oleh pemiliknya.

Diketahui, bahkan anjing sendiri sudah menjadi hewan peliharaan sejak berabad-abad yang lalu. Sama seperti kucing, anjing memiliki ras yang berbeda-beda, mulai dari sifat hingga ukuran tubuhnya.

Adapun deretan ras anjing dengan ukuran badan terbesar di dunia. Apa saja kira-kira? Diolah dari YouTube iNews Variety Show, Senin (22/8/2022), uraiannya berikut ini.

1. Newfoundland

Newfoundland berasal dari Kanada. Jenis ras ini memiliki ukuran yang besar. Pada awalnya anjing ras ini digunakan untuk menarik kayu di hutan, tidak heran bila anjing ini disebut sebagai anjing pekerja. Selain itu Newfoundland juga perenang yang andal.

Newfoundland jantan memiliki berat 59-68 kilogram, sedangkan yang betina beratnya 45-54 kilogram. Tidak seperti dengan anjing ras pada umumnya, anjing ini senang bersantai.

Kerap bersantai, sering membuat anjing ini mengalami obesitas, untuk itu pemilik anjing ini harus memiliki pekarangan yang luas atau mengajaknya jalan-jalan untuk berolahraga sangatlah penting.

Lalu, Newfoundland juga sangat jinak dan mudah menyesuaikan diri, waspada dan toleran dengan aksi gemas anak-anak.

2. Leonberger

Leonberger adalah anjing yang terkenal besar dan kuat. Selain itu anjing ini dikenal dengan keanggunan dan kesan bangsawannya.

Leonberger jantan memiliki tinggi 31 inci dari bahu dan beratnya sama seperti manusia biasa. Sedangkan yang betina memiliki tubuh yang lebih pendek.

Anjing ini memiliki bulu yang kedap air, bulu yang lebat, ekor yang tebal, dan matanya berwarna coklat yang indah.

Leonberger merupakan ras anjing asli Jerman, tepatnya kota Leonberg tempat dimana dia dibesarkan sejak 1830-an. Sejak perang dunia pertama, anjing ini selalu membantu para tentara untuk menarik kendaraan yang berisi amunisi.

Menariknya hanya lima Leonberg yang selamat dari perang itu, sedangkan di perang dunia kedua, 8 dari jenis anjing ini yang selamat.

Selain di Eropa, anjing jenis ini juga populer di Amerika. Leonberger pertama kali datang ke Amerika pada 1971 dan sebuah badan pengawasan anjing mengenalkan ras ini pada tahun 2010. Kemudian ras popularitas anjing jenis ini meningkat pesat.

3. Neapolitan Mastiff

Dan yang terakhir ada anjing ras Neapolitan Mastiff. Pada masa kekaisaran kuno tahun 710 Masehi, anjing ini tergolong anjing gladiator.

Pada masa itu Neapolitan Mastiff kerap dijadikan hewan untuk perang. Anjing ini cocok untuk anjing penjaga karena memiliki tubuh yang sangat besar dan gigi yang tajam.

Neapolitan Mastiff memiliki tinggi dan berat beda. Anjing jantan beratnya 68 kg dan tinggi 66-78 cm. Sementara itu anjing betina berat badannya 50 kg dan tinggi badan 60-74cm.

Walaupun memiliki tubuh yang besar, anjing ini jarang menggonggong bila tiak ada yang provokasi.

Neapolitan Mastiff sangat terkenal dengan kulit keriput di wajahnya. Biasanya anjing ini memiliki warna abu-abu kehitaman tapi ada juga yang memiliki warna lainnya.

Demikian pembahasan tentang daftar tiga ras anjing dengan ukuran badan terbesar di dunia, semoga bermanfaat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini