Share

Sosok Hacker yang Diapresiasi BSSN, Kerap Cari Celah Keamanan Situs Pemerintah

Jefli Oktari, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2022 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 23 54 2652905 sosok-hacker-yang-diapresiasi-bssn-kerap-cari-celah-keamanan-situs-pemerintah-1lNmv0n2w2.JPG Sosok hacker yang diapresiasi BSSN, kerap cari celah keamanan (Foto: Okezone/Jefli Oktari)

JAKARTA - Ada sosok peretas (hacker) yang diapresiasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dia adalah Sulthanullah Haqqi Hidayat yang juga seorang tenaga ahli sistem keamanan siber di Solok Selatan (Solsel).

Diketahui, Sulthan mampu meretas atau mencari celah keamanan sejumlah situs, terutama portal resmi pemerintah dan swasta maupun perbankan.

Namun, hal itu dilakukan tidak dengan tujuan jahat. Sebab dia hanya mencari celah keamanan dan selanjutnya dilaporkan kepada BSSN.

Sulthan saat ini bekerja sebagai tenaga ahli menjaga keamanan siber di Pemerintahan daerah Solsel sejak 2017.

"Saya sebetulnya sudah mulai mengutak-atik sistem keamanan aplikasi, website yang terkoneksi jaringan internet sudah sejak menjadi siswa di SMKN 1 Surantiah Kabupaten Pesisir Selatan," katanya, Selasa (23/8/2022).

Dia mengaku, terakhir mendapatkan penghargaan dan apresiasi pada Mei 2022 dari BSSN.

Hal itu didapatkan, karena telah bekerja sama dalam koordinasi dan menemukan celah kerentanan suatu website yang bertindak secara etis dengan melaporkannya kepada BSSN.

"Jadi, sebetulnya pengujian kerentanan keamanan siber dari situs pemerintahan ini sejak dua tahun belakangan dilegalkan oleh BSSN dan menjadi program," ujarnya.

"Artinya ini dilakukan bukan untuk tujuan mencuri data tapi memang sifatnya mencari celah keamanan untuk dilaporkan agar bisa diantisipasi," tambah dia.

Lulusan dari STMIK Jaya Nusa Padang pada 2017 dengan jurusan sistem komputer ini, mengungkapkan bahwa sejak aktif sebagai 'hacker' pernah mengetes beberapa sistem kemanan dari perbankan dan berhasil ditembus dalam level standar.

"Kalau bicara jumlah sebetulnya sudah banyak juga sih yang sudah saya temukan celah keamanan dari situs resmi pemerintah dan swasta. Sudah ribuan mungkin," sebutnya.

Sementara itu, di Solsel sendiri, Sulthan pernah juga mendapatkan serangan siber dari lokal maupun peretas dari luar terhadap sistem aplikasi informasi yang ada di sistem kepegawaian maupun keuangan.

"Pernah terjadi 20 ribu serangan siber. Tetapi, Alhamdulillah sejauh ini bisa teratasi," tutupnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini