Share

Cara Nonton Siaran TV Digital, Persiapan Sebelum ASO Berlaku di Wilayah Anda

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Rabu 24 Agustus 2022 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 24 54 2653627 cara-nonton-siaran-tv-digital-persiapan-sebelum-aso-berlaku-di-wilayah-anda-Wm9u3UO2Et.jpg Cara nonton siaran TV digital, persiapan sebelum ASO berlaku di wilayah Anda (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Siaran TV analog telah mengudara selama hampir 60 tahun di Indonesia, dan akan digantikan oleh siaran TV digital selambat-lambatnya pada 2 November 2022.

Diolah dari laman Siaran Digital Indonesia, siaran TV digital sendiri menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi untuk menghadirkan kualitas gambar yang lebih bersih, suara yang lebih jernih dan canggih teknologinya bagi masyarakat Indonesia.

Dalam masa peralihan ke siaran TV digital, masyarakat tetap bisa untuk menonton siaran televisi analog, namun sangat dianjurkan untuk mulai mengubah tangkapan sinyal antena di rumah dari siaran analog ke digital.

Lantas, bagaimana cara menonton siaran TV digital? Sebagai persiapan sebelum penerapan Analog Switch-Off (ASO) belaku di wilayah Anda, simak berikut ini.

Guna bisa menonton siaran TVdigital, langkah pertama Anda perlu memastikan bahwa di daerah sekitar sudah terdapat siaran televisi digital.

Kedua, Anda memerlukan antena rumah biasa, yaitu antena UHF baik berupa antena luar rumah (outdoor) atau antena dalam rumah (indoor) yang juga biasa digunakan untuk menangkap siaran televisi analog.

Ketiga, pastikan bahwa TV di rumah Anda sudah dilengkapi dengan penerima siaran TV digital DVBT2.

Jika televisi di rumah Anda hanya bisa menerima siaran televisi analog, maka Anda perlu memasang dekoder Set Top Box (STB).

Perangkat STB ini, akan membantu sinyal televisi digital yang ditangkap oleh antena untuk dapat ditampilkan meski TV di rumah Anda adalah TV untuk siaran analog.

Setelah perangkat TV tersambung, pilih opsi Pengaturan/Setting kemudian pilih auto scan untuk memindai program-program siaran TV digital di sekitar.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini