Share

Anjing Meneteskan Air Mata Kebahagiaan Ketika Bertemu Kembali dengan Pemiliknya

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 24 Agustus 2022 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 24 56 2653833 anjing-meneteskan-air-mata-kebahagiaan-ketika-bertemu-kembali-dengan-pemiliknya-UNtcDwRzYv.jpeg Anjing meneteskan air mata kebahagiaan ketika bertemu kembali dengan pemiliknya (Foto: AdobeStock)

JAKARTA - Anjing akan mengeluarkan air mata kebahagiaan ketika bertemu kembali dengan pemiliknya. Hal ini, berdasarkan studi yang dilakukan oleh para peneliti di Jepang.

Dijelaskan, momen keluarnya air mata kebahagiaan anjing saat dipertemukan lagi dengan majikannya bahkan bisa terjadi meski perpisahan hanya berlangsung dalam hitungan jam saja.

BACA JUGA: Bangkai "Kraken" Ditemukan Terdampar di Pantai Afrika

Temuan yang telah diterbitkan dalam jurnal Current Biology ini, merinci bagaimana hormon yang disebut oksitosin membuat anjing terikat dengan pemiliknya.

Hormon ini, juga dikenal sebagai "hormon cinta" yang biasa muncul ketika seseorang sedang jatuh cinta.

Para peneliti melakukan tes yang disebut Tes Air Mata Schirmer pada 22 anjing untuk penelitian ini. Tes dilakukan dengan cara mengukur volume air mata yang ditumpahkan oleh anjing selama satu menit sebelum dan setelah mereka bersatu kembali dengan pemiliknya.

Tim peneliti akhirnya menemukan, jumlah air mata yang dikeluarkan oleh anjing meningkat secara signifikan ketika mereka bertemu kembali dengan pemiliknya dibandingkan dengan seseorang yang hanya mereka kenal.

"Kami belum pernah mendengar penemuan bahwa hewan meneteskan air mata dalam situasi yang menyenangkan, seperti bersatu kembali dengan pemiliknya, dan kami semua senang bahwa ini akan menjadi yang pertama di dunia," kata peneliti Takefumi Kikusui, dikutip dari Ibtimes, Rabu (24/8/2022).

"Kami menemukan bahwa anjing meneteskan air mata terkait dengan emosi positif. Kami juga membuat penemuan oksitosin sebagai mekanisme yang mungkin mendasarinya," tambahnya.

Untuk memahami peran oksitosin, para peneliti menerapkan hormon ke mata anjing dan menemukan bahwa itu meningkatkan volume air mata yang dihasilkan secara signifikan bila dibandingkan dengan hasil yang dicapai setelah menerapkan solusi kontrol.

Para peneliti menambahkan bahwa tidak seperti hewan lain, anjing telah memperoleh kemampuan untuk berkomunikasi dengan manusia melalui kontak mata, dan itulah yang membuat manusia merawat mereka.

Melalui proses ini, air mata mereka mungkin berperan dalam memunculkan perilaku protektif atau pengasuhan dari pemiliknya.

Namun, ukuran sampel untuk penelitian ini cukup kecil, dan para peneliti percaya bahwa lebih banyak studi akan mengungkap lebih banyak temuan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini