Share

6 Cara Agar Tidur Malam Lebih Sempurna Menurut Sains

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 25 Agustus 2022 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 25 56 2654205 6-cara-agar-tidur-malam-lebih-sempurna-menurut-sains-d5pgIzaX0b.JPG 6 cara agar tidur malam lebih sempurna menurut sains (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ada enam cara agar tidur malam lebih sempurna menurut sains yang perlu Anda ketahui. Terlebih, jika Anda termasuk orang yang susah tidur atau sedang sulit mendapatkan tidur berkualitas.

Disadur dari Mental Floss, Kamis (25/8/2022), tidur yang tidak berkualitas terbukti memengaruhi bagaimana aktivitas harian Anda esok harinya.

Bagi mereka yang tidak mendapat tidur berkualitas, kebanyakan mengalami perubahan emosi yang tidak tentu, gampang lelah, mudah tersinggung, dan tidak maksimal menjalani hari.

Efek negatif itu, bisa dicegah dengan memastikan tidur malam secara berkualitas. Di artikel ini, MNC Portal akan menjelaskan enam cara agar tidur malam lebih sempurna menurut sains.

1. Optimalkan kamar tidur

Kamar tidur yang tertata rapi secara tidak langsung akan membuat mood Anda baik. Lain cerita kalau kamar Anda berantakan, tidak terawat, dan terkesan kotor, itu tentu akan membuat Anda tidak 'happy' untuk tidur.

Jika Anda menggunakan pendingin ruangan, sangat direkomendasikan untuk atur suhu sekitar 18 derajat celcius. Tetapi, ini akan sangat tergantung pada kenyamanan Anda.

Lalu, soal cat dinding disarankan pilih warna atau wallpaper yang membuat Anda rileks. Jauhkan barang elektronik dari dekat kasur Anda.

Hal yang tidak kalah penting adalah gunakan bantal, guling, dan selimut yang nyaman dan tentunya bersih.

2. Perhatikan apa yang Anda makan dan minum di malam hari

Apa yang Anda makan dan minum di malam hari sangat menentukan juga kualitas tidur. Sangat disarankan untuk menjauhi alkohol sebelum tidur, karena alkohol terbukti menghambat siklus tidur Anda.

Disarankan juga untuk tidak makan dan minum sesaat sebelum tidur. Sebab, makan dan minum sebelum tidur akan membuat tubuh Anda aktif mencerna sementara tubuh sudah memberi sinyal untuk tidur, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan siklus tubuh dan berdampak pada kualitas tidur.

3. Berjemur di pagi hari

Urusan tidur yang berkualitas juga dipengaruhi oleh aktivitas Anda di pagi hari. Berjemur di pagi hari akan membawa Anda ke tidur yang berkualitas. Kenapa bisa?

Cahaya alami dari Matahari menekan melatonin, sehingga beberapa paparan sinar Matahari akan membantu Anda memulai hari dengan segar dan menghilangkan kantuk yang tersisa dari tidur.

Mendapat paparan sinar Matahari langsung juga membantu Anda tetap terjaga sepanjang hari, hal ini akan membuat Anda lebih ingin segera tidur di malam harinya.

4. Olahraga di pagi hari

Jika Anda rutin pergi ke pusat olahraga atau gym, disarankan di pagi hari. Olahraga sebelum tidur dinilai tidak kondusif untuk mendapat tidur yang berkualitas. Itu kenapa direkomendasikan 'ngegym' di pagi hari, jangan malam hari.

Selain olahraga di gym, disarankan juga untuk tetap aktif bergerak di luar gym. Artinya, Anda juga harus sering bergerak dengan jalan kaki, memilih tangga dibanding lift, ataupun melakukan gerakan stretching.

5. Cobalah melatonin

Melatonin yang aktif di pagi hari sangat dihindari, karena bisa membuat Anda malas-malasan menjalani hari. Namun, melatonin berguna di malam hari untuk membantu Anda mendapat tidur yang pulas.

Hormon ini diproduksi di kelenjar pineal yang memiliki efek hampir mirip dengan 'hipnotis'. Tidak hanya itu, melatonin juga dapat menurunkan suhu tubuh dan menenangkan. Dengan reaksi tersebut, dapat menciptakan mental dan fisiologis yang optimal untuk tidur.

Melatonin dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Jika mau yang alami, melatonin banyak ditemukan di ceri tart. Bahan alami yang mengandung melatonin adalah kacang-kacangan, telur, dan ikan.

6. Jauhkan ponsel sebelum tidur

Langkah sederhana namun bermakna adalah jauhkan ponsel dari kasur tepat sebelum tidur. Paparan sinar biru yang dipancarkan ponsel membuat Anda terjaga.

Jika Anda merasa ngantuk karena melihat ponsel sebelum tidur, itu bukan kantuk yang semestinya didapat.

Sebab, kantuk yang terjadi karena melihat ponsel sebelum tidur hanya membuat mata Anda lelah, bukan tubuh ingin tidur. Itulah kenapa tidur yang dihasilkan kurang berkualitas.

Demikian pembahasan mengenai enam cara agar tidur malam lebih sempurna menurut sains. Langkah positif ini patut dicoba, sehingga Anda akan memiliki hari yang lebih baik dari sebelumnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini