Share

Seseorang Tanam Chip di Tangan untuk Akses NFC, Rumah, hingga Mobil

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 25 Agustus 2022 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 25 56 2654264 seseorang-tanam-chip-di-tangan-untuk-akses-nfc-rumah-hingga-mobil-Cz7z6J6kDk.JPG Seseorang tanam chip di tangan untuk akses NFC, rumah, hingga mobil (Foto: YouTube/dondula7)

JAKARTA - Seorang pria bernama Brandon Dalaly menanam chip di tangannya untuk memudahkan penggunaan teknologi NFC. Dirinya yang menyukai biomodifikasi itu, kini dapat melakukan banyak hal hanya dengan menempelkan tangannya.

"Ini merupakan yang pertama kalinya, karena saya memiliki Tesla, dan sekarang saya menggunakannya sebagai kunci, ketika kunci Bluetooth saya gagal atau saya lupa menaruh kunci, saya cukup menggunakan tangan saja," katanya, dikutip dari TechSpot, Rabu (24/8/2022).

Selain membuka pintu mobil Tesla miliknya, ada banyak aktivitas digital lain yang memang bisa dilakukan melalui chip di tangan kirinya.

Mulai dari membuka kunci rumahnya, hingga menyimpan informasi seperti portofolionya, kartu kontak, informasi medis, serta kartu vaksinasi Covid-19.

Dalaly menambahkan, implan yang cukup besar di tangannya itu, menggunakan VivoKey Apex, chip elemen NFC yang aman tanpa kontak dan memungkinkan transaksi. Harganya, dibanderol setara Rp3,1 jutaan.

Dia menjelaskan, dirinya kini berada dalam grup beta yang terdiri dari sekitar 100 orang yang menggunakannya, dan perusahaan di balik komponen memiliki toko aplikasi tempat pengguna dapat menginstal aplikasi secara nirkabel ke dalam chip mereka.

Chip dilapisi dengan zat biokompatibel seperti biopolimer dan bioglass, yang memungkinkan mereka untuk dikemas oleh jaringan tubuh setelah ditanamkan.

Chip ditempatkan di tangannya oleh penindik profesional dengan ongkos pemasangan sebesar Rp1,4 jutaan.

Implan ini, sering menimbulkan kekhawatiran tentang kerentanannya untuk diretas atau digunakan secara tidak sengaja.

Namun, Dalaly mengatakan bahwa ini seperti teknologi NFC di ponsel, skenario seperti itu tidak mungkin dan biasanya hanya mungkin terjadi ketika seseorang atau mesin hampir menyentuh tangannya.

Implan chip tetap menjadi isu kontroversial. Ada banyak respons negatif di Twitter untuk postingan Dalaly tentang apa yang dilakukannya, terutama dari orang-orang yang memasang perangkat medis karena kebutuhan dan bukan karena pilihan.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini