Share

Air Minum Stasiun Luar Angkasa China 90% Hasil Daur Ulang

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Kamis 25 Agustus 2022 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 25 56 2654395 air-minum-stasiun-luar-angkasa-china-90-hasil-daur-ulang-i2HhNNmYU2.JPG Air minum stasiun luar angkasa China 90% hasil daur ulang (Foto: Xinhua)

JAKARTA - Stasiun luar angkasa China dengan awak Shenzhou-14 memiliki kapasitas untuk menghasilkan lebih dari 90 persen air minumnya melalui proses daur ulang. Kurang dari 10 persen sisanya dipasok dari Bumi.

Laporan Xinhua menyebutkan, hal tersebut disampaikan langsung oleh Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA).

Dikutip dari Antara, Kamis (25/8/2022), daur ulang dilakukan dengan sistem kontrol lingkungan dan pendukung kehidupan yang dipasang di stasiun luar angkasa tersebut.

Itu terdiri dari enam subsistem yang masing-masing digunakan untuk produksi oksigen dengan elektrolisis air, pembuangan karbon dioksida, pembuangan gas berbahaya, pemrosesan urine, pemrosesan air, serta produksi air dengan karbon dioksida dan hidrogen.

Bertujuan untuk menciptakan lingkungan hidup yang layak huni dan menyerupai Bumi di luar angkasa, sistem kontrol lingkungan dan pendukung kehidupan tersebut mengatur banyak hal.

CMSA menjelaskan, sistem kontrol itu mengatur tekanan udara, kandungan oksigen, kecepatan angin, serta suhu dan kelembapan di dalam wahana antariksa itu.

Sistem tersebut mengurangi kebisingan di kabin dengan lapisan penyerap suara, panel insulasi suara, isolator getaran, dan bantalan kejut.

Baca Juga: Rayakan Satu Tahun, BuddyKu Fest Hadirkan Sesi Media Challenges

Follow Berita Okezone di Google News

Sistem juga mengumpulkan keringat dan urine para astronaut kemudian menjalankan proses pemurnian untuk mengubahnya menjadi air minum, serta memproduksi oksigen dengan melakukan proses elektrolisis terhadap air daur ulang.

Subsistem untuk memproduksi air dengan mengeluarkan karbon dioksida dan hidrogen dari elektrolisis air, yang merupakan inovasi terbaru, dipasang di stasiun luar angkasa itu dan diuji oleh awak Shenzhou-14 dengan bantuan dari Bumi.

Subsistem baru ini dapat membantu mendaur ulang 1 kilogram air tambahan per hari, meningkatkan proporsi air minum yang dihasilkan melalui proses daur ulang dari 80 persen menjadi lebih dari 90 persen.

Sebagai teknologi inti yang diperlukan untuk misi berawak China, sistem kontrol lingkungan dan pendukung kehidupan ini memastikan keselamatan para astronaut di orbit dan membantu membangun stasiun luar angkasa yang layak huni.

Para peneliti saat ini tengah mengerjakan sejumlah teknologi regenerasi generasi berikutnya, termasuk regenerasi makanan, guna memaksimalkan penggunaan kembali material-material di stasiun luar angkasa di masa depan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini