Share

Mengenal Fitur HDR di Kamera Smartphone dan Waktu yang Tepat Menggunakannya

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 27 Agustus 2022 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 26 57 2655343 mengenal-fitur-hdr-di-kamera-smartphone-dan-waktu-yang-tepat-menggunakannya-N7kxh3zitS.JPG Mengenal fitur HDR di kamera smartphone dan waktu yang tepat menggunakannya (Foto: Gearbest)

JAKARTA - Fitur HDR di kamera smartphone mungkin seringkali dilihat oleh pengguna ketika tangah memotret sebuah objek. Tetapi, sepertinya tidak semua orang paham akan fungsinya.

Diolah dari NextPit, Sabtu (27/8/2022), bagi pengguna smartphone yang kerap memanfaatkan perangkatnya untuk mengambil foto, penting untuk mengetahui lebih jauh perihal fitur HDR.

Apa Itu HDR?

Dalam hal foto, rentang dinamis adalah perbedaan antara elemen gambar yang paling terang dan paling gelap. High Dynamic Range, atau HDR, merupakan sebuah proses yang meningkatkan jangkauan dinamis ini di luar dari hasil jepretan kamera ponsel.

HDR dapat digunakan untuk membuat representasi akurat dari apa yang dapat Anda lihat dengan mata Anda. Terlebih akan ada banyak bidikan artistik yang menciptakan nuansa definisi tinggi untuk foto landscape.

Meskipun tujuan akhir dari HDR adalah untuk menciptakan gambar yang lebih mengesankan. Namun, fitur tersebut tidak bisa digunakan untuk semua foto.

Bagaimana Cara Kerja HDR?

Saat Anda mengambil foto dengan imbuhan fitur HDR, kamera akan menangkap beberapa gambar secara berurutan dengan nilai eksposur yang berbeda.

Perangkat lunak kamera smartphone kemudian menggabungkan gambar-gambar ini ke dalam satu foto yang menyimpan detail dari daerah yang paling gelap dan paling terang. Terlebih lagi, HDR bekerja paling baik dengan bidikan statis dan tangan yang stabil.

Kapan Sebaiknya Menggunakan Fitur HDR?

Pertama adalah ketika Anda akan memotret pemandangan atau foto landscape. Pencahayaan adalah salah satu aspek terpenting dari hasil foto yang bagus.

Namun, terkadang sinar matahari juga dapat menyebabkan terlalu banyak kontras. HDR dapat menyeimbangkan perbedaan ini sehingga ada lebih sedikit bagian putih terang atau hitam pekat.

Kedua, saat kurang cahaya atau backlight. Jika foto Anda terlalu gelap, HDR dapat digunakan untuk menaikkan tingkat kecerahan keseluruhan.

Kapan Sebaiknya Tidak menggunakan HDR?

Pertama, saat menmotret subjek yang bergerak. Pasalnya, HDR mengambil tiga kali foto dalam satu klik dan menggabungkannya, jika ada yang bergerak di antara satu atau dua foto, gambar akhir dapat tampak buram.

Hal ini juga menjelaskan kenapa foto perlu waktu lebih lama untuk diproses ketika menggunakan HDR. Jadi, jika menggunakan fitur HDR, jaga diri Anda tetap stabil dan cobalah mengambil foto dengan subjek diam. Kedua, saat ingin mengambil gambar dengan kontras tinggi.

Beberapa foto terlihat lebih baik dengan kontras yang kuat antara area terang dan gelap. Menggunakan HDR akan mengurangi kontras ini, jadi efeknya kurang terasa.

Ketiga, foto dengan warna-warna cerah. HDR tentu saja bisa membawa semangat ke warna yang tidak bernyawa dalam sebuah foto.

Tetapi jika Anda berurusan dengan warna yang sudah sangat hidup, HDR dapat membuatnya terlihat norak. Berhati-hatilah agar tidak berlebihan dalam saturasi warna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini