Share

Tahukah Anda, Ada Lubang Kecil di Kelopak Mata, Ini Penjelasannya

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 27 Agustus 2022 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 27 56 2655602 tahukah-anda-ada-lubang-kecil-di-kelopak-mata-ini-penjelasannya-ROJ7BVhQRR.jpg Tahukah Anda, ada lubang kecil di kelompak mata, ini penjelasannya (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Lubang kecil di kelopak mata mungkin tidak diketahui banyak orang, ternyata keberadaannya bisa diperiksa sendiri dan memiliki fungsi khusus.

Diolah dari Elite Readers, Sabtu (27/8/2022), lubang kecil itu memiliki fungsi yang berkaitan dengan alasan mengapa orang menangis disertai pilek.

Ketika seseorang menangis, sadar atau tidak biasanya tangisan itu akan disertai pilek. Semakin dalam tangisan itu maka akan banyak pula air dari hidung yang keluar.

Faktanya mata dan hidung memiliki saluran yang saling berkaitan lho. Sehingga saat Anda menangis, air tidak hanya keluar dari mata dan mengalir di pipi, tetapi juga keluar dari hidung.

Di bagian bawah kelopak mata setiap orang akan terdapat lubang kecil yang disebut dengan lacrimal punctum. Letaknya berada di bagian ujung mata yang paling dekat dengan hidung.

Lacrimal punctum adalah salah satu bagian normal yang ada di mata manusia. Anda mungkin tidak sadar keberadaan lubang itu tetapi sebenarnya Anda memilikinya.

Ukuran lacrimal punctum pada setiap orang berbeda-beda, ada yang berukuran lebih besar dan ada juga yang berukuran kecil. Tetapi pada umumnya, ukuran lacrimal punctum ini sekitar 2 milimeter.

Pada mata manusia terdapat dua lubang (lacrimal punctum) di tiap masing-masing mata yang terletak di kelopak mata atas dan kelopak mata bawah.

Tujuan lacrimal punctum ini, yaitu sebagai drainase mata. Kelenjar air mata akan menghasilkan air mata saat kamu menangis. Kemudian lacrimal punctum ini akan mengumpulkan dan mengalirkan air mata tersebut ke hidung.

Proses lebih jelasnya, yaitu saat kamu menangis, air mata akan tertampung di kantung lacrimal. Air mata yang terkumpul di kantung lacrimal itu kemudian mengalir dari kantung ke saluran lacrimal menuju hidung.

Setelah berada di dalam hidung, cairan yang sebenarnya air mata tersebut kemudian bercampur bersama lendir dan zat lainnya pada hidung.

Jadi, cairan tersebut murni air mata dan bukan ingus seperti ketika sedang flu dan pilek. Terkadang bisa terasa agak kental karena telah tercampur dengan lendir dan berbagai zat lainnya yang ada di hidung. Sehingga proses inilah yang menyebabkan pilek saat atau setelah menangis.

Selain itu, sebagai informasi tambahan lacrimal punctum ini juga berfungsi untuk menjaga kelembaban mata, di mana lubang ini otomatis dapat mengatur agar tidak banyak air yang menumpuk dan mencegah mata kering.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini