Share

Pencandu Smartphone Kini Punya Lampu Merah Khusus Supaya Tak Asal Nyelonong

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 29 Agustus 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 28 57 2656265 pencandu-smartphone-kini-punya-lampu-merah-khusus-supaya-tak-asal-nyelonong-PGgVID557l.jpg Pecandu smartphone kini punya lampu merah khusus supaya tak asal nyelonong (Foto: Departemen Transportasi Hongkong)

JAKARTA - Lampu merah khusus para pecandu smartphone kini telah hadir, mengingat orang di zaman sekarang cenderung mengakses perangkat di mana pun mereka berada.

Dikutip dari Gizmodo, Senin (29/8/2022), tidak terkecuali di tempat penyeberangan. Ini tentu berbahaya, bukan tidak mungkin mereka tidak sadar menyeberang padahal lalu lintas sedang ramai.

Berangkat dari kebiasaan ini, pemerintah Hongkong menghadirkan lampu merah LED dengan desain baru yang memungkinkan para pecandu smartphone bisa menyeberang dengan aman meskipun sambil mengakses perangkat.

Jika biasanya lampu merah untuk orang menyeberang menghadap ke arah depan, kini Hongkong menghadapkannya ke bawah.

Jadi, dengan begitu orang yang sedang main smartphone pun bisa mengetahui lampu merah atau hijau karena cahaya langsung menyorot ke tanah.

Lampu merah untuk orang menyeberang ini, akan terus diuji coba selama enam bulan di empat persimpangan yang memang memiliki lalu lintas sangat sibuk di Hongkong.

Pemerintah Hongkong berharap, lampu merah menyala ini akan menjadi bendera merah bagi pejalan kaki dan pengingat untuk memperhatikan potensi bahaya yang kemungkinan akan datang.

Belum diketahui apakah nantinya Hongkong akan benar-benar menghadirkan lampu merah unik ini secara permanen atau tidak.

Bagaimanapun, hal ini merupakan ide brilian yang bisa ditiru oleh kota-kota atau negara-negara lain.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini