Share

5 Cara Cegah WhatsApp Disadap Orang Lain

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Senin 29 Agustus 2022 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 29 54 2656694 5-cara-cegah-whatsapp-disadap-orang-lain-4YOZ27Jxgp.jpg 5 cara cegah WhatsApp disadap orang lain (Foto: MessengerPeople)

JAKARTA - Ada lima cara untuk mencegah akun WhatsApp disadap oleh orang lain. Penerapannya pun terbilang mudah, dan tentunya informasi ini wajib diketahui pengguna.

Bagaimanapun, pengguna WhatsApp tidak bisa lepas dari kemungkunan pembajakan akun, jadi tetaplah waspada dalam penggunaan aplikasi ini.

Lantas bagaimana cara mencegah WhatsApp disadap orang lain? Dirangkum dari berbagai sumber, simak penjelasannya berikut.

1. Log Out dari WhatsApp Web

Pengguna bisa mengecek perangkat apa saja yang menggunakan akunya melalui WhatsApp Web, tujuannya guna menghindari penyadapan lewat aplikasi yang meniru.

- Pilih opsi titik tiga di kanan atas,

- Klik WhatsApp Web,

- Muncul daftar perangkat yang logi dengan akun sendiri,

- Pilih log out dari semua perangkat.

2. Fitur Verifikasi Dua Faktor Aktifkan

Fitur verifikasi dua faktor di WhatsApp penting untuk diaktifkan. Keberadaannya merupakan opsi untuk mengirimkan kode enam angka ke setiap pengguna masuk dengan nomor yang terdaftar ke perangkat baru

Namun, kode ini berbeda dengan OTP. Cara ini dilakukan supaya orang lain tidak bisa seenaknya membajak akun dengan memanfaatkan kode QR.

- Klik opsi titik tiga di kanan atas,

- Setting > Account > Two Step Verification,

- Klik Enable,

- Masukkan enam kode rahasia yang dipilih,

- Masukkan email untuk memulihkan kata kunci jika pengguna lupa

3. Pemindai Sidik Jari Aktifkan

Pengguna WhatsApp dapat mengaktifkan fitur pemindai sidik jari agar tak sembarang orang masuk ke akun WhatsApp Anda dan memindai kode QR untuk menyadap.

- Klik opsi titik tiga di kanan atas,

- Klik Privasi,

- Klik kunci sidik jari,

- Aktifkan,

- Pengguna akan diminta untuk merekam sidik jari,

- Whatsapp meminta pengguna memilih berapa lama aplikasi akan terkunci otomatis, segera, setelah 1 menit, atau setelah 30 menit.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Instal Ulang WhatsApp

Menginstal ulang WhatsApp adalah cara untuk mengamankan akun WhatsApp agar tidak disadap orang lain. Hal ini, bisa diterapkan jika Anda terlanjur mengeklik Oke saat ada peringatan untuk memindahkan akun.

Namun, dengan catatan Anda masih tetap menggunakan nomor yang didaftarkan pada WhatsApp tersebut. Sebab, kode OTP WhatsApp akan dikirimkan ke nomor yang terdaftar.

5. Akun Dinonaktifkan

Kalau akun WhatsApp telah terlanjur diretas, pengguna bisa menonaktifkan akun untuk memastikan tidak ada yang menggunakan akun WhatsApp.

Caranya dengan mengirim email ke dukungan WhatsApp di support@whatsapp.com dengan frasa "Hilang/Dicuri: Silakan nonaktifkan akun saya" di badan email.

Anda memiliki 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun Anda sebelum dihapus sepenuhnya setelah penonaktifan berhasil.

Demikian pembahasan mengenai lima cara untuk mencegah akun WhatsApp disadap orang lain, semoga bisa membantu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini