Share

4 Emoji Ini Ternyata Dilarang di Beberapa Negara

Cita Zenitha, Jurnalis · Selasa 30 Agustus 2022 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 30 54 2657473 4-emoji-ini-ternyata-dilarang-di-beberapa-negara-jAwo7m6pxD.JPG 4 emoji ini ternyata dilarang di beberapa negara (Foto: Mashable)

JAKARTA - Ada empat emoji yang ternyata dilarang di beberapa negara. Oleh karenanya, perhatikan beberapa emoji berikut supaya tidak salah dalam penggunaannya.

Dalam istilah bahasa Jepang, emoji adalah sebuat karakter atau gambar pada pesan elektronik yang digunakan untuk mengungkapkan ekspresi dalam penggunanya.

Kita dapat mengirim emoji saat berkirim pesan untuk mengungkapkan perasaan kita baik marah, sedih, dan bahagia.

Ada berbagai jenis emoji yang dapat kita gunakan saat mengirim pesan. Setiap emoji itu memiliki arti yang berbeda-beda. Terkadang beberapa orang bisa menyalahartikan emoji tersebut.

Di beberapa belahan negara di dunia ada yang melarang penggunaan emoji tertentu. Sebab, bisa bermakna kasar dan membuat penerima pesan menjadi tidak senang.

Dirangkum dari berbagai sumber, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini adalah empat emoji yang dilarang di beberapa negara.

1. Emoji Jempol (Thumbs Up)

Di Indonesia sendiri, emoji jempol atau thumbs up merupakan emoji yang memiliki arti menyetujui suatu pesan teks. Kita tentu sering menggunakan emoji ini ketika menyetujui ajakan teman untuk bepergian atau menyetujui tugas dari atasan.

Namun di beberapa negara seperti Nigeria, Irak, Iran, dan Afganistan emoji thumbs up memiliki arti kasar. Dengan mengirim emoji ini sama saja kita mengacungkan jari tengah.

2. Emoji Tangan Metal

Banyak orang tak menyadari jika emoji tangan metal atau emoji tangan yang membentuk tanduk merupakan emoji tidak sopan. Bahkan beberapa negara sudah memblokir moji tersebut supaya tidak digunakan.

Emoji tangan metal memiliki arti bahwa seseorang tengah berselingkuh dari pasangannya. Di Uruguay, Italia, Portugal, Brasil, Yunani, Argentina, Kuba, dan Spanyol emoji tersebut telah diblokir.

3. Emoji Tangan Perdamaian (Peace)

Di Inggris emoji ini memiliki arti kasar. Di Indonesia emoji peace memiliki arti perdamaian atau mengajak damai. Sedangkan, di Inggris emoji ini memiliki arti mengusir orang, “pergi kau!”.

4. Emoji Tangan Melambai (Waving Hand Emoji)

“Kita bukan lagi menjadi teman” mungkin itulah anggapan orang China jika kita menggunakan emoji tangan melambai. Orang China akan meresa tersinggung jika kita menggunakan emoji tersebut ketika berkirim pesan. Bahkan di negara tersebut, emoji tangan melambai sudah di blokir.

Demikian pembahasan mengenai empat emoji yang ternyata dilarang di beberapa negara. Semoga bermanfaat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini