Share

Kenalan dengan Perempuan di Facebook, Pria Ini Ditipu hingga Rp6 Miliar!

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Rabu 31 Agustus 2022 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 31 54 2658140 kenalan-dengan-perempuan-di-facebook-pria-ini-ditipu-hingga-rp6-miliar-DosMjJYrTw.jpg Kenalan dengan perempuan di Facebook, pria ini ditipu hingga Rp6 miliar! (Foto: AFP)

JAKARTA - Seorang pria dilaporkan menjadi korban penipuan oleh perempuan yang dia kenal dari Facebook. Ia pun kehilangan uang yang tidak sedikit.

Pria tersebut berasal dari Malaysia, dia harus rela kehilangan uang sekitar RM1,87 juta atau Rp6 miliar! dalam kasus penipuan setelah berteman dengan seorang perempuan antara Juni dan Agustus 2022.

Kapolsek Johor Bahru Utara, Rupiah Abd Wahid mengatakan, pihaknya menerima laporan dari korban, seorang pria setempat, berusia 67 tahun, yang merupakan mantan karyawan sebuah perusahaan swasta.

Dia mengatakan, korban telah berteman dengan perempuan itu melalui aplikasi Facebook Messenger pada akhir Mei lalu. perempuan itu mengaku dia adalah seorang dokter Brasil yang bekerja di Inggris.

“Setelah lebih dari dua minggu, individu tersebut berjanji untuk mengirim barang dan uang tunai sebesar sekitar RM12,6 juta (Rp42 miliar) kepada korban,” kata Rupiah dalam keterangan media hari ini, dikutip dari Bernama, Rabu (31/8/2022).

“Namun, pada 13 Juni 2022, seorang wanita lain yang mengaku sebagai agen pengiriman menghubungi korban dan meminta pembayaran biaya jasa pengiriman dan uang tunai yang telah dijanjikan,” lanjutnya.

Dia menyampaikan, korban menggunakan tabungannya dan melakukan 11 transaksi uang online dari Juni hingga Agustus ke rekening bank yang disediakan oleh agen pengiriman.

Menurut dia, korban baru sadar telah ditipu saat tidak menerima barang dan uang yang dijanjikan. Dia juga tidak bisa menghubungi perempuan itu.

“Korban kehilangan RM1.871.540 (Rp6 miliar) dalam insiden itu. Masyarakat yang menerima pesan, email, atau telepon terkait penawaran yang meragukan harus segera melapor ke polisi agar tidak menjadi korban penipuan,” tambahnya.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini