Share

5 Hewan Paling Beracun di Dunia, Ikan Buntal Salah Satunya

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 31 Agustus 2022 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 31 56 2658186 5-hewan-paling-beracun-di-dunia-ikan-buntal-salah-satunya-XCxJ6lekiv.jpg 5 hewan paling beracun di dunia, ikan buntal salah satunya (Foto: iStock)

JAKARTA - Ada banyak hewan yang hidup di Bumi. Di antaranya bahkan memiliki racun yang sangat berbahaya, jika terkena manusia dapat mengakibatkan kelumpuhan hingga meninggal dunia.

Daripada penasaran, berikut ini adalah hewan paling beracun di dunia, seperti dilansir dari YouTube iNews Variety Show, Rabu (31/8/2022).

1. Ubur-ubur Kotak

Hewan yang dapat ditemukan di perairan Australia dan Asia Tenggara ini masuk ke dalam daftar salah satu hewan paling beracun dan mematikan di dunia. Hewan ini dapat menyengat manusia dengan racun yang dimilikinya.

Racun dapat langsung menjalar ke saraf sehingga jantung akan melemah atau berhenti yang tentu akan mengakibatkan siapa saja yang terkena akan meninggal dunia. Terhitung dari tahun 1954, ubur-ubur kotak telah memakan lebih dari 5000 nyawa.

2. Siput Market Kerucut

Banyak orang yang terkecoh dengan keindahan bentuk siput ini sehingga tidak mengetahui bahwa siput jenis ini merupakan hewan yang amat berbahaya. Satu tetes racun siputarket kerucut dapat membunuh 20 orang dewasa.

Adalun siput biasa ditemukan di Teluk Benggala India, Samudra Pasifik, hingga perairan Madagaskar. Hingga kini belum ada obat penawar dan penyembuh untuk mengobati racun dari siput merket kerucut.

3. Gurita Cincin Biru

Gurita cincin biru adalah spesies gurita yang sangat mematikan. Meski kecil dan menggemaskan, hewan laut ini memiliki racun yang mematikan bahkan racun yang dikeluarkan dari kelenjar ludahnya mampu membunuh 26 orang dewasa.

Tak main-main, racun dapat membunuh hanya dalam waktu 10 menit. Seringkali gigitan kecil hewan ini tidak menimbulkan rasa sakit sehingga korban tidak menyadari bahwa mereka telah digigit.

Yang mengerikan dari racun gurita ini adalah ia membunuh korbannya dengan cara sadis. Racun akan mengumpulkan tubuh korban namun korban nya akan tetap sadar dalam keadaan lumpuh dan perlahan akan membunuh.

4. Katak Racun Emas

Hewan yang memiliki racun mematikan di dunia selanjutnya adalah katak racun emas. Dalam tubuh kecil dan warna exotic hewan ini terdapat racun yang mampu membunuh 10 orang dewasa.

Racun katak ini dapat mencegah saraf mengirimkan impuls sehingga menyebabkan gagal jantung dalam waktu 10 menit. Hingga kini para ilmuwan pun belum menemukan penawar racun katak tersebut.

Katak racun emas biasanya bersembunyi ketika menerima ancaman dari predator. Katak akan melompat dan mengeluarkan racun melalui kulitnya untuk mempertahankan diri sebaiknya.

5. Ikan Buntal

Ikan buntal merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan racun mematikan bernama tetrodotoxin. Kandungan racun ini disebut 1200 kali lebih beracun daripada sianida.

Kandungan racun yang dimiliki ikan buntal terdapat di bagian kulit ovarium dan juga hati ikan. Racun pada ikan ini bekerja dengan memblokir syaraf yang dapat mempengaruhi otot dan pernapasan manusia.

Meski beracun, ikan buntal multi bisa diolah menjadi hidangan lezat yang berharga mahal. Namun tidak sembarang orang bisa mengolah ikan ini untuk menjadi makanan, hanya koki bersertifikasi yang bolrh mengolahnya menjadi hidangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini