Share

Deretan 6 Aplikasi Alquran untuk Ngaji Lewat Smartphone Buatan Indonesia

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Rabu 31 Agustus 2022 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 31 57 2658237 deretan-6-aplikasi-alquran-untuk-ngaji-lewat-smartphone-buatan-indonesia-K4VOdWKNSw.jpg Deretan 6 aplikasi Alquran untuk ngaji lewat smartphone buatan Indonesia (Foto: Kuawait Times)

JAKARTA - Deretan enam aplikasi Alquran ini bisa dimanfaatkan untuk mengaji lewat smartphone, tentu ini penting diketahui jika seorang muslim ingin mengaji di mana saja.

Dirangkum dari berbagai sumber, dari keenam aplikasi Alquran tersebut, bukan cuma menyediakan bacaan ayat suci umat Islam saja, tetapi turut menyematkan beragam fitur untuk menunjang ibadah.

Lantas apa saja enam aplikasi Alquran tersebut, jawabannya simak penjelasan berikut ini.

1. Quran Best

Aplikasi Quran Best ini merupakan buatan pengembang dari Tanah Air. Ia dirancang semirip mungkin dengan Alquran cetak agar nyaman untuk dibaca.

Quran Best sendiri, menyediakan berbagai fitur pendukung, misalnyaterjemahan dan tafsir, pencarian ayat, bookmark, mode malam, hingga murottal 30 juz.

2. Kesan

Fitur aplikasi Alquran bernama Kesan yang juga buatan Indonesia ini terbilang lengkap, sebab menyematkan pilihan tampilan per ayat, tafsir, dan mushaf tajwid.

Kemudian, ada ratusan doa, puluhan kitab/buku Islami, marketplace halal, dan fitur Tanya Kiai. Fitur yang dihadirkan Kesan juga meliputi hadis hari ini yang disajikan setiap jam 9 pagi, doa dan shalawat, kalender hijriah, arah kiblat hingga jadwal salat.

Selain itu, Kesan juga menyajikan lebih dari 700 Kitab Kuning, dan ada Feed yang menyajikan artikel tentang pengembangan diri.

3. Umma

Umma sebagai aplikasi Alquran karya anak bangsa ini punya fitur jadwal salat, petunjuk arah kiblat hingga kelas belajar agama bersama uClass.

Tidak lupa, ada panduan tajwid, fitur pencari surah, dan bookmark untuk menandai bacaan terakhir.

4. Qur'an Kemenag

Aplikasi Alquran ini dibuat oleh Kementerian Agama (Kemenag). Tersedia ayat-ayat yang menggunakan mushaf standar Indonesia, Rasm Usmani, serta audio suara murattal dari Syekh Mahmud Khalil Al-Husairy.

Menariknya, pengguna bisa memberikan catatan singkat pada bookmark per ayat. Ada juga widget jadwal salat dan lima waktu azan yang bisa kamu nyalakan atau matikan.

5. Al Quran Indonesia

Aplikasi Al Quran Indonesia ini, dikembangkan oleh Andi Unpam, menghadirkan terjemahan bahasa Indonesia dan audio mp3 murottal full, 114 surah, atau 30 juz.

Al Quran Indonesia terbilang cukup kaya fitur, seperti opsi membaca dalam mode landscape atau portrait, mode malam, tajwid berwarna, fungsi menyalin, membagikan dan bookmark ayat Al Quran, serta backup-restore bookmark dan penanda bacaan terakhir.

6. Aminin

Aplikasi Alquran bernama Aminin ini, dikembangkan oleh Bahaso Intermedia Cakrawala, developer yang juga pengembang aplikasi belajar bahasa bernama Bahaso.

Surah-surah Alquran ditampilkan dalam kartu warna-warni yang menarik dan membuatnya mudah dibaca. Di bagian bawah kartu, ada tombol play untuk mendengarkan qori melantunkan ayat yang ada di atasnya.

Demikian pembahasan tentang deretan enam aplikasi Alquran untuk ngaji lewat smartphone buatan Indonesia, semoga bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini