Share

Ingin Beli Laptop untuk Desain Grafis? Ikuti Tips Berikut

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Kamis 01 September 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 31 57 2658478 ingin-beli-laptop-untuk-desain-grafis-ikuti-tips-berikut-RkxTlOVNGa.jpg Ingin beli laptop untuk desain grafis? Ikuti tips berikut (Foto: Asus)

JAKARTA - Anda tidak bisa sembarangan ketika memilih laptop yang cocok untuk desain grafis. Pasalnya, dibutuhkan beberapa spesifikasi khusus untuk menunjang kegiatan pengolahan grafis.

Dilansir dari Reliance Digital, Kamis (1/9/2022), laptop dengan spesifikasi rendah mungkin tidak bisa digunakan untuk menunjang kegiatan tersebut.

Oleh karena ini, ada empat tips memilih laptop yang cocok untuk desain grafis, berikut ulasannya.

1. CPU dan RAM Mumpuni

Saat memilih laptop untuk desain grafis, pengguna perlu memperhatikan CPU dan RAM, ini akan membantu pekerjaan grafis yang cukup berat karena melibatkan aplikasi pengeditan dan file yang besar.

Bagi pemula, setidaknya pertimbangkan prosesor Intel Core i5 dari salah satu generasi terbaru.

Jika memiliki pilihan untuk memilih laptop yang menjalankan prosesor AMD, maka lihatlah seri A8 atau A10. Dari segi RAM, paling tidak memiliki kapasitas 8GB.

2. Perhatikan Kartu Grafis

Kartu grafis tidak hanya penting untuk bermain game, tetapi juga untuk desain grafis. Disarankan memiliki kartu grafis mid-end, seperti NVIDIA GeForce GTX1050 atau AMD Radeon R7.

3. Tampilan dan Ukuran Layar Besar adalah Kunci

Catat, semakin tinggi resolusi laptop akan semakin baik. Sebagian besar layar laptop menjalankan resolusi 1366x768 , yang cukup baik untuk browsing web, tetapi tentu saja tidak untuk alat desain yang serius.

Carilah laptop dengan layar yang menjalankan resolusi 1600x900, atau 1920x1080. Ukuran layar juga tidak boleh diabaikan, dan resolusi 15 inci atau lebih tinggi sangat direkomendasikan.

4. Perlu Penyimpanan dengan Kapasitas Besar

Laptop biasanya dibuat dengan dua jenis penyimpanan hard disk drive (HDD) dan solid state drive (SSD). Hard drive lebih terjangkau, tetapi lebih lambat daripada solid state drive. SSD jauh lebih mahal dan ukurannya terbatas.

Jika sedang mengerjakan proyek pengeditan 3D dan video yang masif, lihat dulu kapasitasnya. Sebagian besar laptop dilengkapi dengan hard drive 500GB atau 1TB.

Memilih laptop dengan HDD 1TB cukup untuk menginstal semua perangkat lunak perancang dan menyimpan proyek. Keuntungan menggunakan SSD adalah kecepatannya yang berarti rendering dan pemuatan proyek terjadi dalam hitungan detik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini