Share

5 Penyebab Foto dan Video di Galeri Smartphone Hilang Mendadak

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 01 September 2022 11:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 01 57 2658762 5-penyebab-foto-dan-video-di-galeri-smartphone-hilang-mendadak-U9uhgz0Flh.JPG 5 penyebab foto dan video di galeri smartphone hilang mendadak (Foto: Coolmuster)

JAKARTA - Pengguna smartphone mungkin pernah mengalami file foto dan video di galeri perangkatnya menghilang secara tiba-tiba, tentu ini menjengkelkan.

Perlu diketahui, ada beberapa penyebab foto dan video di galeri hilang mendadak. Apa saja itu? Simak paparan berikut, seperti dilansir dari berbagai sumber, Kamis (1/8/2022).

1. Ada virus

Bukan rahasia lagi bahwa virus bukan hanya bisa menjangkit PC atau laptop saja tapi juga smartphone. Biasanya virus muncul karena menginstal aplikasi yang tidak diketahui sumbernya atau di luar toko aplikasi resmi.

Selain itu, virus juga bisa masuk ke sistem smartphone melalui situs-situs atau blog ilegal. Maka dari itu, bijaklah dalam menggunakan smartphone serta ketahui ciri-ciri terkena virus agar bisa segera melakukan langkah antisipasi.

2. Jarang bersihkan file sampah atau cache

Setiap smartphone memiliki cache atau file sampah. Jika tidak dibersihkan dalam waktu lama maka bisa saja foto dan video di galeri hilang mendadak. Ini lantaran kapasitas RAM dan memory di smartphone sudah penuh.

Agar tidak mengalami kepenuhan ruang penyimpanan ada baiknya memanfaatkan tools untuk membersihkan cache atau file sampah yang sudah tersedia di smartphone. Jangan tunggu foto atau video kenangan terhapus.

3. Tidak update OS

Update sistem operasi wajib dilakukan secara berkala. Layaknya melakukan service motor rutin, kegiatan ini menjadi satu hal yang penting guna menjaga performa smartphone agar tetap optimal.

Update sistem operasi bisa melindungi smartphone dari malware dan virus. Sepatutnya update perangkat smartphone secara berkala walaupun hal ini cukup membuat memori gendut.

4. Penyimpanan hampir penuh atau sudah penuh

Jika ingin merekam sebuah video, maka pastikan kapasitas memori memungkinkan. Karena jika tidak demikian, maka rekaman akan sia-sia. Sayang kan kalau sudah merekam dalam durasi lama harus hilang.

Memang dalam sesaat file akan tersimpan, namun beberapa menit kemudian file itu akan terhapus secara tiba-tiba karena kapasitas memori penyimpanan yang sudah penuh dan tidak memungkinkan lagi untuk menampungnya.

5. Simpan video atau foto hasil download dari media sosial

Penyebab terakhir ini sering kali dilakukan. Untuk itu hati-hati jika mendownload file berupa gambar atau video dari media social, meskipun kontennya bermanfaat, belum tentu encode video tersebut baik.

Pasalnya, video atau video tersebut bisa saja disisipi sebuah kode yang mengandung virus atau malware oleh pihak yang kurang empati dan tidak bertanggung jawab.

Demikian pembahasan mengenai lima penyebab foto dan video di galeri smartphone hilang mendadak, semoga bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini