Share

Apa Arti dari Istilah Cc dan Bcc di Email? Simak Jawabannya

Tangguh Yudha, Jurnalis · Jum'at 02 September 2022 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 02 54 2659543 apa-arti-dari-istilah-cc-dan-bcc-di-email-simak-jawabannya-unQDUimsML.JPG Apa arti dari istilah Cc dan Bcc di email? (Foto: KyLeads)

JAKARTA - Ada banyak istilah dalam email, salah satunya adalah Cc dan Bcc. Bagi yang biasa menggunakan email, Cc dan Bcc tentu tidaklah asing, keduanya terletak pada kolom penerima yang berada di sebelah kanan.

Namun masih banyak yang belum tahu sebenarnya apa sih Cc dan Bcc ini dan bagaimana sebenarnya penggunaannya. Berikut ini adalah arti Cc dan Bcc di email, seperti dilansir dari Mental Floss, Jumat (2/9/2022).

Cc sendiri adalah singkatan dari carbon copy. Penamaan ini mengikuti konsep kertas karbon yang digunakan pada akhir abad ke-19. Biasanya lembaran kertas ini dimasukan di antara kertas bisa di mesin tik untuk menyalin tulisan.

Dengan kertas karbon, memungkinkan seseorang untuk menggandakan dokumen tanpa mengetiknya berkali-kali. Akhirnya Ccmenjadi praktik umum untuk menggandakan dokumen, termasuk juga dalam email.

Cc sendiri pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan kolom “to” pada saat mengirimkan email. Jika penerima utama yang dimasukkan pada kolom “to” akan lebih berpengaruh secara langsung oleh email dan diharapkan untuk menanggapi email tersebut.

Biasanya kolom Cc digunakan untuk memasukkan penerima tambahan dengan maksud untuk membuat orang tersebut tetap terhubung dengan rangkaian email tersebut. Karena alasan ini pula Cc kerap disebut sebagai “courtesy copy”.

Sementara Bcc adalah singkatan dari blind carbon copy. Hampir sama dengn Cc, Bcc juga akan mengirimkan email yang sama pada penerima. Namun Bcc tidak akan menampilkan bagian yang menyebutkan nama penerima lain.

Dengan begitu, penerima utama tidak akan tahu bahwa salinan telah dikirim. Namun sebaliknya, si penerima Bcc akan tetap mengetahui siapa penerima utama salinan. Intinya adalah Bcc tidak dapat dilihat oleh penerima lain.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini