Share

Teknologi Energi Gelombang Tawarkan Sumber Daya Bersih dan Termurah

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Jum'at 02 September 2022 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 02 56 2659677 teknologi-energi-gelombang-tawarkan-sumber-daya-bersih-dan-termurah-RBcwMK1tYH.JPG Teknologi energi gelombang tawarkan sumber daya bersih dan termurah (Foto: SWEL)

JAKARTA - Perkembangan model energi gelombang berada pada tahap yang menarik. Dengan menggunakan rangkaian pelampung yang mengikuti gerakan air, energi gelombang dapat menghasilkan listrik yang efisien.

Dilansir dari Independent, Jumat (2/9/2022), Waveline Magnet yang dikembangkan oleh perusahaan rintisan Sea Wave Energy Ltd. (SWEL) di Siprus dan Inggris menawarkan salah satu pilihan energi bersih yang dapat digunakan.

SWEL mengklaim, teknologi pembangkitan energi gelombang yang dipatenkan mereka jauh lebih efisien dibandingkan dengan metode yang digunakan saat ini.

“Teknologi kami memberikan hasil jauh lebih besar daripada pesaing konverter energi gelombang. Kami dapat menunjukkan kepada orang-orang, percaya atau tidak, bagaimana Waveline Magnet diatur untuk mengubah dunia,” kata Adam Zakheos, kepala petugas SWEL.

Dengan konsep menyebarkan perangkat di bagian tertentu laut, Waveline Magnet ini berbentuk seperti tulang belakang dan mengapung lurus di atas laut untuk menangkap energi kinetik gelombang.

Waveline Magnet juga telah diuji dalam tangki gelombang, serta di laut lepas. Perusahaan mengatakan, model yang dibuat dapat menawarkan biaya yang sangat rendah, tetapi tetap memerlukan perangkat yang canggih.

Menurut SWEL, perangkat Waveline Magnet ini dapat membantu pencegahan erosi pantai karena mengurangi dampak gelombang yang tinggi.

Saat ini, SWEL mencari aliansi dan kemitraan strategis dalam upaya peluncurkan dan mengkomersialkan energi gelombang Waveline Magnet. Mereka juga menawarkan energi gelombang ini sebagai solusi potensial untuk menangani krisis energi yang terjadi.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini