Share

Foto Terbaru Bulan Ungkap Warna Aslinya, Tak Seperti yang Terlihat Selama Ini

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Sabtu 03 September 2022 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 03 56 2660157 foto-terbaru-bulan-ungkap-warna-aslinya-tak-seperti-yang-terlihat-selama-ini-0pXyHcJvJg.jpg Foto terbaru Bulan ungkap warna aslinya, tak seperti yang terlihat selama ini (Foto: Instagram/@cosmic_background)

JAKARTA - Bulan sering kita lihat di malam hari, biasanya tampak kuning cerah, sebagain orang juga berpendapat kalau satelit Bumi ini berawara putih.

Faktanya, warna Bulan memiliki lebih dari satu warna. Seperti yang kadang terlihat dari Bumi, juga bisa sangat bervariasi, dari merah dan ungu hingga putih atau kuning.

Namun, itu disebabkan oleh fenomena optik di atmosfer kita, bukan Bulan itu sendiri. Dengan kata lain, itu hanya warna yang tampak, warna sebenarnya tidak terlalu bergantung pada gangguan optik.

Dilansir dari Cultura Colectiva, Sabtu (3/9/2022), sepasang astrofotografer membutuhkan waktu dua tahun dan akhirnya mengungkapkan warna asli Bulan.

Andrew McCarthy dan Connor Matherme adalah astrofotografer itu. Dalam rangka merayakan misi eksplorasi Artemis sebagai tanda kembalinya umat manusia ke bulan, para menjuluki karya mereka “The Hunt for Artemis”.

Gambar Bulan yang mereka buat, terdiri lebih dari 200.000 foto hitam putih yang diambil McCarthy dari Arizona, ia yang mengkhususkan diri dalam fotografi luar angkasa.

Adapun Matherme, mengambil 500 foto dari Louisiana, di mana ia berfokus pada informasi warna daripada detail permukaan.

Foto yang diunggah di akun Instagram resmi kedua fotografer tersebut disertai dengan keterangan, “Gambar Bulan yang paling detail yang bisa kami buat, hasilnya dari bidikan 174 megapiksel.”

Kedua fotografer ini, mengerjakan pekerjaan ini selama dua tahun, berkat kerja keras dan usaha mereka, hari ini kita dapat melihat warna Bulan yang sebenarnya.

McCarthy dan Matherme telah menyempurnakannya sehingga mata manusia dapat melihatnya dengan mata telanjang.

Keduanya telah menjelaskan bagaimana mereka berhasil mengambil foto ini. Faktanya, mereka tidak menggunakan peralatan yang canggih.

Sebab, mereka hanya menggunakan kamera konvensional dan pelacak posisi astronomi untuk kamera mengikuti posisi Bulan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini