Share

5 Tips Wujudkan Sistem Keamanan untuk Tekan Serangan Hacker

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Senin 05 September 2022 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 05 54 2660994 5-tips-wujudkan-sistem-keamanan-untuk-tekan-serangan-hacker-NfIekYHU39.jpg 5 tips wujudkan sistem keamanan untuk tekan serangan hacker (Foto: Unsplash/Jefferson Santos)

JAKARTA - Ada lima tips dalam mewujudkan sistem yang ideal untuk menekan serangan para peretas (hacker). Tentu, hal ini sangat penting dipahami mengingat pembobolan data tengah marak.

Leader and President Director IBM Indonesia, Andrian Purnama, mengatakan bahwa kelima tips itu termuat dalam laporan Cost of Data Breach 2022.

"IBM Security menjelaskan, langkah-langkah ini dapat diambil perusahaan atau organisasi untuk menekan serangan siber," kata Andrian kepada Okezone dalam keterangan tertulis, Senin (5/9/2022).

Berikut lima tips dalam mewujudkan sistem yang ideal untuk menekan serangan para hacker:

1. Adopsi model keamanan zero trust untuk membantu mencegah akses ilegal ke data sensitif.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perusahaan/organisasi yang menerapkan model keamanan zero trust, mereka memiliki potensi penghematan biaya pelanggaran sebesar USD1,5 juta.

Selain itu, strategi zero trust juga dapat membantu melindungi data dan sumber daya dengan membatasi aksesibilitas dan memerlukan konteks.

2. Lindungi data sensitif di lingkungan cloud menggunakan kebijakan dan enkripsi.

Dengan meningkatnya jumlah dan nilai data yang di-hosting di lingkungan cloud, perusahaan harus mengambil langkah untuk melindungi database yang di-hosting di cloud.

Perusahaan yang mengdopsi keamanan cloud yang komprehensif dapat melakukan penghematan biaya pelanggaran sebesar USD720.000 dibandingkan dengan perusahaan yang tidak mengadopsi keamanan di cloud perusahaan.

3. Investasi dalam Security Orchestration, Automation and Response (SOAR) dan Extended Detection and Response (XDR) untuk membantu meningkatkan deteksi dan waktu respons.

Bersamaan dengan keamanan dan otomatisasi AI, kemampuan XDR dapat membantu secara signifikan dalam mengurangi biaya hinggs USD400.000 dan pelanggaran data rata-rata hingga 29 hari dari siklus hidup pelanggaran.

4. Gunakan alat yang dapat membantu melindungi dan memantau end point dan karyawan yang bekerja dari jarak jauh.

Unified Endpoint Management (UEM), Endpoint Detection and Response (EDR) dan Identity and Access Management (IAM) dapat membantu memberikan tim keamanan visibilitas yang lebih dalam ke aktivitas yang mencurigakan.

5. Buat dan uji pedoman respons insiden untuk meningkatkan ketahanan dunia maya.

Dua cara paling efektif untuk mengurangi biaya pelanggaran data adalah membentuk tim Incident Response (IR) dan pengujian ekstensif rencana IR.

Perusahaan dapat merespons dengan cepat untuk menahan dampak dari pelanggaran dengan membuat pedoman insiden dunia maya yang terperinci.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini