Share

5 Robot Canggih yang Gantikan Pekerjaan Manusia, Ada yang Bertugas di ISS

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 06 September 2022 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 05 56 2661339 5-robot-canggih-yang-gantikan-pekerjaan-manusia-ada-yang-bertugas-di-iss-K6exCFKnh8.JPG 5 robot canggih yang gantikan pekerjaan manusia, ada yang bertugas di ISS (Foto: Roscosmos)

JAKARTA - Robot-robot canggih ini dikabarkan mulai menggantikan pekerjaan manusia, sebuah efek dari pekembangan teknologi yang semakin pesat.

Kehadiran mereka, dinilai sebagian orang telah mengancam manusia, tetapi tidak sedikit yang menyebut justru membantu serta memudahkan pekerjaan.

Sekarang ini, robot telah menjadi bagian besar dari bidang medis, pertanian, perawatan rumah, seni, hingga eksplorasi ruang angkasa.

Berikut ini adalah lima robot canggih yang gantikan pekerjaan manusia, seperti dilansir dari kanal YouTube iNews Variety Show, Selasa (6/9/2022).

1. Robot Digit

Pernah membayangkan ada robot mengantar paket yang dipesan secara online? sepertinya hal ini bisa segera terwujud pasalnya dalam beberapa tahun terakhir salah satu pabrikan asal Amerika Serikat telah memasukkan robot pengantar ke dalam list produk mereka.

Di buat oleh Agility Robotics, robot Digit merupakan robot tanpa kepala yang mampu bergerak gesit. Robot dilengkapi dengan sensor canggih sehingga dapat menavigasi segala bentuk medan jalan serta mampu membawa dan menumpuk barang dengan berat hingga 18 kg

Kini robot Digit tengah dalam tahap penyempurnaan. Jika sudah benar-benar dilempar ke pasaran bukan tidak mungkin suatu saat nanti jasa pengiriman barang tidak lagi dilakukan oleh manusia.

2. Skybot F-850

Skybot F-850 dalah astronot Android yang dirancang oleh Badan Antariksa Rusia (Roscosmos) untuk ditempatkan di Stasiun Luar Angkasa internasional atau ISS.

Robot ini dibuat dengan bahan-bahan khusus untuk dapat bertahan dari ledakan serta gravitasi nol di luar angkasa. Selain bisa dijalankan secara otomatis, robot yang dilengkapi dengan kamera virtual reality ini juga bisa dikendalikan dari jarak jauh.

3. Robot Traffic Police

Salah satu kota di China, Hebei telah mengaktifkan divisi patroli lalu lintas baru yang beranggotakan para robot. Sama seperti polisi lalu-lintas pada umumnya para robot ini ditugaskan untuk menghentikan dan memberikan peringatan verbal kepada para pelajar dan mengambil gambar mereka jika diperlukan.

Tim polisi robot yang dikerahkan ini terdiri dari tiga jenis, yakni sebagai robot patroli, robot memberi informasi, dan robot yang bertugas menangani kecelakaan lalu-lintas.

4. Surena Gen4

Robot humanoid generasi keempat, Surena diproduksi oleh perusahaan teknologi asal Iran dan sudah diperkenalkan sejak tahun 2019 lalu. Robot ini mampu berjalan dengan kecepatan 0,7 km per jam dan bisa mengubah teks menjadi suara.

Surena Gen4 juga mampu melakukan beraneka ragam gerakan layaknya manusia. Selain itu Surena juga mampu memindahkan atau mengangkat benda berat serta mampu menjawab pertanyaan dan bisa membedakan 100 jenis benda.

Bisa dibilang robot ini amat cocok untuk ibu rumah tangga untuk menemani mereka di rumah agar tidak merasa kesepian.

5. Sophia

Terakhir ada robot Sophia yang merupakan robot humanoid yang sempat ramai diperbincangkan. Robot Sophia dibangun dengan tujuan meniru perilaku manusia dan untuk menginspirasi perasaan cinta dan kasih sayang pada manusia selain teman berkomunikasi.

Sophia juga mampu merawat orang sakit atau lanjut usia. Dan dapat membantu para penyandang tuna wicara untuk berkomunikasi dengan orang lain. Robot ini bahkan juga bisa mengekspresikan emosi menggunakan wajahnya yang mirip manusia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini