Share

Mengenal Apa Itu BreachForums, Situs yang Jadi Wadah Penjualan Data

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 06 September 2022 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 06 57 2661859 mengenal-apa-itu-breachforums-situs-yang-jadi-wadah-penjualan-data-WPcywqMN8Q.jpg Mengnal apa itu breachforums, situs yang jadi wadah penjualan data (Foto: Twitter/@nuicemedia)

JAKARTA - BreachForums (breached.to) menjadi sorotan setelah banyaknya data pribadi yang bocor di situs tersebut, mulai dari data pelanggan PLN, Indihome, Jasa Marga, kartu SIM, hingga Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Mengingat BreachForums tidak sepopuler situs-situs lainnya seperti Reddit, sepertinya banyak yang belum mengenal BreachForums. Berikut ini adalah paparan tentang BreachForums yang dikenal sebagai forum para hacker dunia.

Dilansir dari Flashpoint, Selasa (6/9/2022), BreachForums merupakan suksesor dari situs dengan konsep serupa yang bernama RaidForums. BreachForums dibuat oleh hacker bernama 'pompompurin' tiga minggu setelah RaidForums diblokir.

Sekitar bulan Maret lalu, pompompurin menyatakan bahwa mereka telah membuat BreachForums sebagai alternatif dari RaidForums. Tetapi ditegaskan bahwa BreachForums ini tidak berafiliasi dengan RaidForums dalam kapasitas apa pun.

Saat ini, BreachForums sudah memiliki lebih dari 1.500 anggota, dan jumlahnya terus bertambah. Situs ini semakin hari kian populer di kalangan para hacker untuk melakukan transaksi jual-beli data curian terlebih tampilannya sendiri mirip dengan pendahulunya.

Terlebih pompompurin merancang BreachForums agar anggota bisa mempertahankan ranking mereka sama seperti yang terakhir kali dimiliki di RaidForums. Dengan begitu anggota tidak perlu bersusah payah membangun kembali citra mereka dari nol.

Pompompurin juga mengumumkan bahwa mereka akan menerima tanda terima untuk memulihkan status akun. Anggota pun semakin yakin bermigrasi ke BreachForums karena situs ini diketahui memang dijalankan oleh anggota elit dari RaidForums.

Mengingat BreachForums merupakan situs terlarang yang banyak menyebarkan data pribadi, lantas kenapa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tidak melakukan pemblokiran?

Jawabannya adalah karena untuk memberikan ruang kepada pihak berwenang agar bisa melakukan investigasi mendalam terkait kebocoran yang terjadi. Hal ini dikatakan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan.

"Untuk situs BreachForums, jangan sampai nanti diblokir kita mau investigasi malah gak bisa," ungkapnya.

Semuel pun menyebut bahwa yang diperlukan saat ini adalah kesiapan bagi para pengumpul data. Ia juga mengimbau bagi yang belum siap, sebaiknya jangan melakukannya karena di ranah itu ada amanat untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini