Share

Daftar 4 Pesawat Berawak Terkecil, Ada yang Beratnya Cuma 78 Kg

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 07 September 2022 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 07 56 2662582 daftar-4-pesawat-berawak-terkecil-ada-yang-beratnya-cuma-78-kg-w5p3YxzdPH.jpg Daftar 4 pesawat berawak terkecil, ada yang beratnya cuma 78 kg (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Pesawat ternyata tidak melulu berukuran besar dan mengangkut banyak penumpang. Sebab, di antaranya ada yang memilki ukuran kecil.

Bagi yang penasaran, berikut ini adalah deretan pesawat berawak terkecil di dunia, seperti dilansir dari YouTube iNews Variety Show, Rabu (7/9/2022).

1. Bede BD-5

Dikembangkan pada tahun 1970 oleh pabrikan Bede Aircraft, BD-5 ini memiliki berat kosong hanya 188 kg. Pesawat yang masuk dalam kategori FLS Microjet ini hanya memiliki satu buah kursi khusus untuk pilotnya.

Bede BD-5 punya badan dengan panjang hanya empat meter dengan tinggi sekitar 1,75 M. Jika dihitung panjang keseluruhan rentang kedua sayapnya, pesawat ini tidak lebih berukuran 5,1 meter.

Pesawat yang semua bahannya didominasi metal ini mampu membawa beban maksimal 370 kg. Dalam keadaan full tank yaitu 30 galon bahan bakar, pesawat ini mampu menjelajah hingga 370 KM.

Meskipun mungil BD-5 dikenal lincah, mampu melakukan gerakan-gerakan aerobatik dengan kecepatan terbangnya pun bisa mencapai 515 Km/jam.

2. STITS SA-2A Sky Baby

Selanjutnya ada STITS SA-2A Sky Baby. Pesawat ini dibuat oleh Ray Stits pada tahun 1952 dan pertama kali diterbangkan oleh seorang pilot bernama Robert H. Starr. Sky Baby sempat menorehkan namanya pada Guiness World Record.

Pesawat yang satu ini sukses menjadi pesawat terkecil di dunia, meskipun pada tahun 1984 posisi tersebut digeser oleh pesawat Bumblebee keluaran pabrikan Spark.

3. CRI-CRI

Dirancang pada awal tahun 70-an oleh seorang insinyur penerbangan asal Perancis, Michael Colomban, pesawat ini diberi nama CRI-CRI yang berasal dari nama panggilan anaknya.

Pesawat menggunakan desain sayap lowing, berkursi tunggal dengan kanopi menggembung untuk melindungi pilot dari angin, serta ada tiga buah roda pendaratan.

Pesawat ini ditenagai dua buah mesin yang dipasang di bagian moncong pesawat. Panjang pesawat mini 3,9 m dengan rentang sayap 4,9 meter sementara bobot kosong pesawat ini hanya mencapai 78 kg.

Seperti pesawat rakitan amatir pada umumnya, rata-rata pesawat CRI-CRI yang ada saat ini telah banyak dimodifikasi oleh pemiliknya. Sehingga performanya bervariasi dan sangat berbeda dari desain awal milik Michael Colomban.

4. Cessna Citation Mustang

Pesawat yang satu ini mungkin tidak sekecil pesawat-pesawat sebelumnya. Pesawat jet yang kerap menjadi andalan kaum pebisnis ketika mengejar waktu dalam perjalanan bisnis ini memiliki dua kursi kokpit dan empat kursi penumpang.

Pesawat ini juga dilengkapi toilet di dalam kabinnya, namun jika dibanding pesawat kebanyakan, pesawat ini jauh lebih kecil. Mulai terbang sejak 2006 silam, Cessna Citation Mustang mampu terbang sejauh 2000 KM dengan bahan bakar 95 galon.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini