Share

Eksperimen MIT Terhadap MOXIE Milik NASA Berhasil Bikin Oksigen di Mars

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Rabu 07 September 2022 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 07 56 2662710 eksperimen-mit-terhadap-moxie-milik-nasa-berhasil-bikin-oksigen-di-mars-flCmdNhkh5.jpg Eksperimen MIT terhadap MOXIE milik NASA berhasil bikin oksigen di Mars (Foto: NASA/JPL-Caltech)

JAKARTA - Eksperimen yang dilakukan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT) terhadap robot penjelajah Perseverance NASA, yakni Mars Oxygen In-Situ Resource (MOXIE), berhasil bikin oksigen di Mars.

Dilansir dari Independent, Rabu (7/9/2022), MIT mulai mengembangkan MOXIE pada tahun 2014, dan eksperimen ini dibawa ke Mars oleh NASA pada tahun 2020, mendarat di Kawah Jezero pada Februari 2021.

Kini, MOXIE telah menghasilkan oksigen dari udara di Mars pada tujuh percobaan, dalam berbagai kondisi atmosfer, termasuk siang dan malam, melalui musim yang berbeda.

Hal ini menunjukkan, MOXIE dapat menarik karbon dioksida dari udara dan mengubahnya menjadi oksigen.

“Atmosfer Mars jauh lebih bervariasi daripada Bumi,” kata Jeffery Hoffman, Astronotika Massachusetts Institute of Technology, serta penyidik utama untuk Moxie.

Menurut eksperimen yang diterbitkan di jurnal Science Advances ini, dalam setiap putaran, MOXIE dapat menghasilkan sekitar enam gram oksigen per jam, setara dengan pohon kecil di Bumi.

Diharapkan, kedepannya dapat menghasilkan oksigen yang cukup untuk menopang manusia di Mars, dan pembuatan bahan bakar roket. Dengan asumsi bahwa misi ke Mars akan mencakup alat transportasi astronot untuk mengembalikan manusia ke Bumi.

“Ini adalah demonstrasi pertama yang benar-benar menggunakan sumber daya di permukaan benda planet lain, dan mengubahnya secara kimiawi menjadi sesuatu yang akan berguna untuk misi manusia,” ungkap Dr. Hoffman.

Terlepas dari eksperimen yang dapat beroperasi dengan sukses, dan sistem tersebut dapat ditingkatkan, hanya ada satu hal yang perlu dikhawatirkan oleh para peneliti dan perencana misi ke Mars masa depan.

“Untuk mendukung misi manusia ke Mars, kita harus membawa banyak barang dari Bumi, seperti komputer, pakaian antariksa, dan habitat,” ucapnya.

Baca Juga: Rayakan Satu Tahun, BuddyKu Fest Hadirkan Sesi Media Challenges

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini