Share

6 Fakta Menarik Laron, Salah Satunya Bisa Jadi Peyek

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Rabu 07 September 2022 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 07 56 2662767 6-fakta-menarik-laron-salah-satunya-bisa-jadi-peyek-Ss4qlnfhbn.jpg 6 fakta menarik laron, salah satunya bisa jadi peyek (Foto: Freepik)

JAKARTA - Laron bakal menyerbu cahaya saat malam hari untuk mencari pasangan, kehadirannya bisa dibilang sebagai tanda musim hujan telah tiba.

Sedikitnya, ada enam fakta menarik seputar hewan satu ini, salah satunya laron ternyata bisa dijadikan peyek. Lalu, apalagi yang unik darinya?

Dirangkum dari berbagai sumber, simak enam fakta menarik mengenai laron berikut ini.

1. Laron Adalah Rayap

Laron adalah rayap jantan dan betina yang sudah matang. Rayap akan memiliki sayap ketika dia telah memasuki usia matang untuk melakukan reproduksi membentuk koloni baru.

2. Keluar Pada Awal Musim Penghujan

Rayap jantan dan betina yang sudah matang dan memiliki saya akan keluar di awal musim penghujan. Sehingga, kedatangan laron sering dianggap sebagai pertanda awal musim penghujan.

3. Laron Berkumpul untuk Mencari Pasangan

Pada awal musim penghujan, rayap yang telah dewasa (atau Laron) akan keluar dari sarang dan mencari pasangannya dengan berkumpul di sekitar sumber cahaya.

4. Laron Hanya Hidup Satu Malam

Laron yang tidak menemukan pasangannya akan mati saat fajar tiba. Sedangkan, laron yang menemukan pasangannya akan membentuk koloni baru, dan laron betina atau rayap betina akan menjadi ratu di koloni barunya.

5. Laron Jadi Peyek

Bagi yang belum tahu mungkin peyek laron ini agak sedikit mengagetkan. Namun, hal itu memang ada. Penduduk desa masih banyak yang membuat peyek atau rempeyek dari laron. Dan katanya rasanya seperti peyek udang.

6. Laron Jadi Umpan Pancingan

Laron juga bisa digunakan sebagai umpan untuk memancing. Diketahui, ikan yang biasanya memakan umpan ini adalah ikan mujair dan ikan nila.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini