Share

7 Ramalan Kiamat yang Terbukti Meleset dan Sempat Heboh

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 08 September 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 07 56 2663029 7-ramalan-kiamat-yang-terbukti-meleset-dan-sempat-heboh-Rz6KNnwgi0.jpg 7 ramalan kiamat yang terbukti meleser dan sempat heboh (Foto: Live Science)

JAKARTA - Ada tujuh ramalan kiamat yang terbukti meleset dan sempat heboh. Sejumlah ilmuwan dan juga kitab suci memang meyakini akan adanya kiamat suatu saat nanti.

Kapan terjadinya kiamat tidak ada yang tahu. Bisa dibilang, kiamat merupakan rahasia Tuhan. Meski banyak yang meramalkan kapan terjadinya kiamat, tetapi ramalan-ramalan tersebut tidak ada satu pun yang terbukti.

Berikut di antaranya tujuh ramalan kiamat yang terbukti meleset dan sempat heboh, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. Ramalan Pat Robertson, Akhir Tahun 1982

Pat Robertson merupakan seorang pengkhotbah yang kerap muncul di televisi pada tahun 1980an. Saat itu, Pat menggemparkan dunia dengan ramalannya mengenai hari akhir atau kiamat yang menurutnya akan terjadi pada akhir 1982. Namun, prediksinya ini meleset dan tidak pernah terbukti.

2. Ramalan Gerbang Langit, 1997

Kemunculan komet Hale-Bopp yang muncul pada tahun 1997 memunculkan isu akan terjadinya kiamat pada tahun itu. Pasalnya, banyak desas-desus yang mengatakan akan adanya pesawat alien yang datang bersamaan dengan komet Hale-Bopp.

Meski kabar tersebut dibatah mentah-mentah oleh para astronom, namun kejadiann ini rupanya menginspirasi sebuah sekte bernama Heaven’s Gate atau Gerbang Langit yang mempercayai dunia akan segera kiamat dan membuat 39 pengikutnya bunuh diri pada 26 Maret 1997.

3. Ramalan Nostradamus, 1999

Seorang peramal agung keturunan Yahudi bernama Michel de Nostrdamme atau Nostradamus diyakini bisa meramal dengan kemungkinan terbukti kebenarannya sebesar 50 persen.

Salah satu ramalan paling fenomenal yang pernah dibuat adalah akan terjadinya kiamat pada 1999. Ramalan tersebut tertulis dalam sebuah tulisan metaforis yang dibuat kabur. Namun, ramalan tersebut rupanya tidak terbukti.

4. Ramalan Y2K, Januari 2000

Selang setahun dari ramalan Nostradamus, pada tahun 2000 muncul sebuah ramalah Y2K yang sangat membuah heboh pada masa itu. Kabarnya, bug Y2K dapat menyebabkan banyak industri terkena masalah. Bahkan ada yang mengatakan jika rudal nuklir akan meluncur secara otomatis dan menyebabkan kehancuran.

Hingga kini, ramalan tersebut tak terbukti dan rupanya hanya bualan semata.

5. Ramalan Suku Maya, 2012

Salah satu desas-desus kiamat yang paling populer adalah kiamat tahun 2012 yang berdasarkan Kalender Suku Maya. Kabarnya, kiamat tersebut akan terjadi pada 21 Desember 2012.

Hari tersebut bertepatan dengan hari terakhir bak’tun 13 atau siklus 144.000 hari dalam kalender tersebut. Dimana Suku Maya mempercayai hari itu sebagai akhir dari siklus penciptaan.

Saking hebohnya kiamat yang kabarnya akan terjadi pada 2012, salah satu sutradara sampai membuat film berjudul 2012.

Meski demikian, ramalan tersebut tidak terbukti dan banyak ditentang oleh NASA dan beberapa pihak lain. Lebih lanjut lagi, kalender Suku Maya tersebut bukan memprediksi hari kiamat, melainkan kelahiran kembali siklus yang baru.

6. Ramalan Kiamat Blood Moon, 2014

Ramalan Blood Moon atau bulan darah dianggap sebagai pertanda hari kiamat oleh para cendikiawan Kristen kuno. Memang benar adanya jika bulan bisa mengalami gerhana dan berwarna merah, namun hal tersebut bisa dibuktikan secara sains dan memang sudah terjadi sejak ribuan tahun.

7. Ramalan Tabrakan Planet Nibiru, 2017

Planet Nibiru pada tahun 2017 diprediksi akan masuk ke jalur orbital bumi dan bisa memicu munculnya tsunami, gemoa bumi, bahkan gunung berapi yang tiba-tiba aktif. Namun, NASA rupanya membantah adanya planet Nibiru.

Demikian informasi mengenai tujuh ramalan kiamat yang terbukti meleset dan sempat heboh. Semoga bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini