Share

Benarkah Tikus Suka Keju Seperti di Kartun Tom and Jerry?

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Kamis 08 September 2022 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 56 2663407 benarkah-tikus-suka-keju-seperti-di-kartun-tom-and-jerry-IxjTrpqg7J.jpg Benarkah tikus suka keju seperti di kartun Tom and Jerry (Foto: iStock)

JAKARTA - Tikus kerap digambarkan sebagai penyuka keju jika dilihat dari sudut pandang kartun Tom and Jerry, tetapi apakah itu berlaku di dunia nyata?

Diolah dari PopSci, Kamis (8/9/2022), tikus merupakan salah satu famili hewan pengerat dari ordo Rodentia. Spesies tikus yang paling dikenal adalah mencit serta tikus got yang hampir ditemukan di seluruh belahan dunia.

Kendati di dalam rumah tidak ada keju, namun tikus tetap sering muncul. Lalu, sebenarnya apa makanan tikus? Simak jawaban Robert Corrigan, seorang ahli rodentologi perkotaan.

“Pada kenyataannya, tikus adalah pengumpul yang optimal, yang berarti mereka akan memakan apa pun yang memberikan energi paling banyak dan membutuhkan waktu dan usaha paling sedikit untuk mendapatkannya," kata Corrigan.

Secara umum, seekor tikus lebih menyukai biji-bijian atau kacang-kacangan daripada keju. Satu cangkir kacang campuran menyediakan sekitar 800 kalori, sementara secangkir keju hanya sekitar 400 kalori.

Meski demikian, itu bukan berarti tikus sangat memperhatikan makanan. Sebagai bagian dari strategi makan oportunistik mereka, tikus akan mencoba apa pun yang mereka bisa dapatkan.

Apapun akan tikus makan, jika biji atau kacang sulit didapat di alam liar, tikus akan beralih ke serangga atau telur burung. Dan jika keadaan menjadi sangat putus asa, bahkan teman pun bisa mulai terlihat sangat enak. Tidak jarang tikus menjadi kanibal.

Apabila di rumah Anda menemukan tikus, biasanya tikus lebih cenderung pergi ke dapur yang mudah diakses. Dan, sebagai spesies yang sering menjadi mangsa perangkap tikus, atau makhluk yang lebih besar, cara terbaik bagi tikus untuk meminimalkan kerentanannya adalah makan dengan cepat dan kembali berlindung.

Maka dari itu, ujar Corrigan, tikus akan sangat cepat untuk menentukan mereka akan makan apa. Jika keju adalah satu-satunya pilihan, mereka akan memakannya sampai hari kiamat, tetapi itu tidak selalu menjadi pilihan pertama mereka untuk kandungan nutrisi.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini