Share

Sambil Menyelam Kirim Pesan Kini Dapat Dilakukan dengan Aplikasi Ini

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Kamis 08 September 2022 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 56 2663443 sambil-menyelam-kirim-pesan-kini-dapat-dilakukan-dengan-aplikasi-ini-kg63Yn5GHw.jpg Sambil menyelam kirim pesan kini dapat dilakukan dengan aplikasi ini (Foto: Depositphotos)

JAKARTA - Aplikasi baru untuk berkomunikasi di dalam air telah terlahir, sambil menyelam kirim pesan kini dapat dilakukan oleh pengguna gawai.

Dilansir dari E&T Magazine, Kamis (8/9/2022), sebuah tim di University of Washington telah mengembangkan aplikasi seluler pertama untuk mengirim dan menerima pesan dari bawah air, ia dinamai AquaApp.

Aplikasi tersebut, dijelaskan dapat digunakan pada miliaran ponsel pintart (smartphone) dan jam tangan pintar (smartwatch).

Penggunaan aplikasi ini, ditujukan untuk aktivitas menyelam, di mana para pfofesional olahraga, seperti perenang snorkel dan penyelam scuba, dapat memilih 240 pesan yang telah ditentukan sebelumnya untuk mengkomunikasikan informasi mulai dari tingkat oksigen hingga kedekatan spesies air.

Pengguna juga dapat menyaring pesan menurut delapan kategori, termasuk indikator arah, faktor lingkungan, dan status peralatan. Dengan cara ini, aplikasi memungkinkan komunikasi dapat terjadi tanpa memerlukan koneksi jaringan.

“Smartphone mengandalkan sinyal radio seperti WiFi dan Bluetooth untuk komunikasi nirkabel. Itu tidak menyebar dengan baik di bawah air, tetapi sinyal akustik memungkinkannya, ” kata Tuochao Chen, seorang mahasiswa doktoral di University of Washington dan penulis utama studi.

“Dengan AquaApp, kami mendemonstrasikan pesan bawah air menggunakan speaker dan mikrofon yang tersedia secara luas di smartphone dan smartwatch,” lanjutnya.

Tim peneliti menguji utilitas dari sistem AquaApp di enam titik lokasi, dalam berbagai kondisi air dan tingkat aktivitas tempat, kemudian mengevaluasi kinerja aplikasi pada jarak hingga 113 meter dan kedalaman hingga 12 meter.

Aplikasi ini, menyediakan cara bagi para profesional untuk berkomunikasi melintasi jarak yang lebih jauh dan dalam visibilitas rendah.

Para peneliti juga mengembangkan protokol jaringan untuk berbagi akses ke jaringan bawah air sehingga mendukung pengiriman pesan di antara beberapa perangkat.

AquaApp dapat menampung hingga 60 pengguna sekaligus di jaringan lokalnya.

Selain perangkat keras, yang dibutuhkan para pengguna aplikasi adalah casing ponsel yang tahan air dan dinilai sesuai dengan kedalaman yang mereka rencanakan untuk menyelam.

“AquaApp menghadirkan komunikasi bawah air kepada banyak orang,” kata penulis senior Shyam Gollakota yang juga Profesor Universitas Washington.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini