Share

Apa yang Terjadi Jika Anda Manusia Terakhir di Bumi?

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Kamis 08 September 2022 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 56 2663500 apa-yang-terjadi-jika-anda-manusia-terakhir-di-bumi-E9OHVi4jO6.jpg Apa yang terjadi jika Anda manusia terakhir di Bumi (Foto: Pixabay)

JAKARTA - Menjadi manusia terakhir di Bumi kedengarannya sangat menarik. Anda bisa melakukan semua aktivitas yang Anda sukai tanpa harus mendengarkan komentar orang lain.

Bagi sebagian orang, akan merasa tenang apabila hidup sendirian tanpa ada gangguan dari orang lain. Tetapi, apakah semuanya akan selalu baik-baik saja? Dan apa jadinya jika Anda beneran jadi manusia terakhir di Bumi?

Dilansir dari kanal YouYube Kok bisa?, Kamis (8/9.2022), jika Anda berpikir mampu hidup sendiri di Bumi adalah hal yang menyenangkan, itu merupakan pernyataan yang salah.

Apakah Anda sadar, bahwa segala sesuatu yang Anda gunakan saat ini, dan semua fasilitas yang Anda gunakan itu ada campur tangan antar manusia.

Apakah Anda akan bisa hidup tanpa listrik dan internet? Karena kedua hal tersebut harus ada yang mengoperasikan dan tentu harus orang ahli dalam bidangnya.

Selain itu, Anda juga dipaksa harus menjadi manusia kuat, Anda jangan sampai kenapa-napa karena apabila nanti Anda sakit, siapa yang akan mengobati? Dokter kan tidak ada!

Hidup sendiri tanpa interaksi sama orang akan memberi dampak yang bisa bahaya buat kita. Kenapa bisa begitu?

Tentunya jadi manusia terakhir di Bumi itu rentan bikin Anda kesepian. Intinya Anda bisa jadi stres dan gampang sakit karena sistem kekebalan tubuh Anda yang melemah.

Kesepian juga bisa bikin perubahan kondisi tubuh, bahkan bisa menimbulkan penyakit yang berbahaya apalagi kalau sampai terkurung dalam waktu yang lama.

Di kondisi ekstrem, orang kesepian bisa mengidap Alzheimer dan Demensia, karena bukan cuman rasa sumpek, Anda juga bisa merasakan pengalaman yang menyeramkan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Ian Robbins pada 2008. Ia melakukan pengisolasian enam orang sukarelawan selama 48 jam dalam sebuah banker untuk melihat perilaku manusia ketika menyendiri.

Dari hasil penelitian tersebut, mereka mengalami gangguan mental dan halusinasi. Mereka sampai melihat ruangan tersebut menjadi bergerak, zebra yang tiba-tiba mampir, bahkan sampai mendengar pesawat tempur yang mendengkur.

Selain itu, di tahun 1993, Maurizio Montalbini mengisolasi dirinya selama setahun. Dia mengalami perubahan pola tidur, bahkan dia sampai mengalami perubahan konsep akan waktu.

Meskipun dia menghabiskan waktu 366 hari di dalam gua, tetapi dia hanya merasa terkurung selama 219 hari.

Ternyata menjadi manusia terakhir tinggal di Bumi tidak seenak yang dibayangkan. Karena manusia adalah makhluk sosial yang pasti akan membutuhkan keberadaan orang lain untuk keberlangsungan hidup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini