Share

5 Warna Mata Terlangka Manusia, Ada yang Berwarna Merah hingga Silver

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 08 September 2022 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 56 2663627 5-warna-mata-terlangka-manusia-ada-yang-berwarna-merah-hingga-silver-gN9CwL8DZr.jpg 5 warna mata terlangka manusia, ada yang berwarna merah hingga silver (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Beragam warna mata manusia ada di dunia ini, biasanya hal ini ditentukan oleh pigmentasi iris serta faktor genetik seseorang. Kebanyakan orang memiliki mata berwarna hitam atau coklat tapi ada juga yang memiliki warna lainnya.

Bagi seseorang yang memiliki warna mata di luar itu, bisa dibilang mereka adalah manusia beruntung. Berikut ini adalah jajaran mata terlangka di dunia, seperti dilansir dari tayangan YouTube iNews Variety Show, Kamis (8/9/2022).

1. Mata Heterochromia

Heterochromia merupakan keunikan yang dimiliki seseorang sejak lahir karena bola mata yang dimiliki berbeda warna dengan yang lainnya. Mereka memiliki warna bola mata berbeda dan kasus ini hanya terjadi pada 11 per seribu orang.

Penyebabnya adalah perbedaan jumlah melanin pada iris mata sehingga menyebabkan bola mata cenderung memiliki warna yang tidak sama. Herochromia bukanlah salah satu jenis penyakit melainkan adanya hasil genetik.

2. Mata Merah

Warna merah pada bola mata yang biasa kita lihat hanya di film ternyata memang ada di dunia nyata. Tercatat ada sekitar 0,3 persen penduduk dunia memiliki warna bola mata merah karena mereka tidak memiliki melanin pada tubuhnya.

Warna mata merah sendiri sempat trend dikalangan masyarakat karena salah satu film vampir yang memang pemerannya memiliki mata berwarna merah. Sehingga ada banyak perusahaan softlens yang memproduksinya dengan jumlah besar.

3. Mata Spektrum

Kita tentu masih asing dengan bola mata spektrum, yaitu kejadian langka pada warna bola mata yang memiliki campuran seperti biru abu-abu, biru hijau, bahkan biru amber. Warna unik ini bisa ditemukan terutama di sekitar pupil.

Mata spektrum dengan warna amber termasuk kategori yang terunik dan terlangka, hanya tersebar di Asia dan Amerika. Warnanya seperti tembaga dan berkilau keemasan. Warna mata aber biasa ditemukan pada burung, ikan, dan anjing.

4. Mata Ungu

Bola mata ungu dihasilkan karena adanya pembiasan cahaya dengan warna dasar biru yang akan mendasari perubahan warna dari mata ungu ini.

Biasanya orang bermata ungu dikarenakan ada penyakit, namun di belahan Bumi lain terdapat bola mata berwarna ungu yang kondisi matanya normal.

Salah satunya adalah kelompok yang biasa disebut spirituals yang berasal dari Mesir. Mata ini memiliki sensitifitas yang tinggi terhadap cahaya ultra violet, yang mana jika terkena cahaya mata berwarna ungu akan terlihat semakin indah.

5. Mata Silver

Orang dengan bola mata silver terkadang dikira bermata biru pada sekilas pandangan. Memang, warna ini dapat berubah menjadi biru hijau tergantung warna baju yang dipakai serta pencahayaan di sekitar.

Mata silver sendiri diakibatkan oleh jumlah kolagen yang besar pada stroma. Orang dengan mata berwarna silver paling banyak ditemukan di Eropa Utara dan Timur. Warna mata ini terbilang langka, hanya sekitar 1% saja dari populasi yang memilikinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini