Share

Apple Dilarang Jual iPhone di Brazil, Kenapa?

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 08 September 2022 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 57 2663555 apple-dilarang-jual-iphone-di-brazil-kenapa-dF5b4pLO29.jpg Apple dilarang jual iPhone di Brazil, kenapa? (Foto: Reuters)

JAKARTA - Apple dilaporkan tidak boleh menjual iPhone di Brazil, pemerintah setempat telah memutuskan hal tersebut. Apa alasannya?

Dilansir dari Trusted Reviews, Kamis (8/9/2022), larangan dari pemerintah Brazil itu berlaku jika Apple tidak menyematkan charger ketika menjual iPhone.

Kementerian Kehakiman dan Keamanan Publik di Brazil telah menangguhkan penjualan mulai dari iPhone 12 hingga generasi di atasnya.

Selain itu, Brazil juga menjatuhkan denda kepada Apple sebesar £2 juta atau setara Rp29,7 miliar.

Hukuman ini, diberikan karena perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu dinilai tidak menjual produk dengan lengkap serta diskriminatif kepada konsumen.

Apple sendiri berargumen bahwa dengan menghilang charger dari kotak dapat menjadi jalan keluar bagi kerusakan lingkungan. Namun alasan teraebut rupanya kurang cukup bagi pemerintah Brazil.

Pemerintah setempat berpendapat, keputusan perusahaan untuk menjual perangkat tanpa charger justru mengalihkan seluruh beban kepada konsumen.

Brazil menyebut seharusnya Apple beralih ke pengisian USB-C yang lebih universal.

Apple sendiri, baru saja mengungkap empat jajaran iPhone baru hari ini.

Tidak satu pun dari iPhone generasi terbaru ini datang dengan charger dalam kotak pembelian. Dengan begitu dipastikan masyarakat Brazil tidak bisa memilikinya.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini